Tips Efektif Menikmati Keindahan Argapura

  • Home
  • Travel
  • Tips Efektif Menikmati Keindahan Argapura

Sebelum Anda jauh berkelana ke Sa Pa di Vietnam atau Honghe Hani di Tiongkok untuk melihat keindahan terasering di perbukitan, ubahlah rencana ke Argapura di Majalengka, Jawa Barat. Namanya memang masih jauh dari kata populer sebagai sebuah destinasi pariwisata, tapi kami berani bertaruh Anda tidak akan berhenti berdecap kagum oleh keindahan susunan terasering di Argapura.

Berada di ketinggian 400-2000 meter di atas permukaan laut, Argapura merupakan sebuah kawasan perbukitan di kaki gunung tertinggi di Jawa Barat: Gunung Ciremai. Kemiringan tanahnya yang berkisar 25-40 derajat membuat kawasan ini cocok dijadikan sebagai lahan perkebunan, terutama bawang yang banyak ditanam petani setempat.

Dari spot bernama Bukit Panyaweuyan lansekap perkebunan Argapura yang jumlahnya puluhan atau mungkin ratusan hektar terhampar memenuhi setiap sudut pandangan Anda. Pagi hari menjadi waktu yang benar-benar tepat untuk menikmati Argapura dan segala aktivitasnya.  Matahari hari pagi yang benar-benar hangat menyambut Argapura dan para petani yang tengah bersiap-siap merawat bawang yang tersusun rapi dalam terasering. Pastikan mata Anda jeli, karena keindahan tersembunyi di setiap sudut kebun bawang di Argapura.

Foto: Dok. Traveloka

Cara Anda Kesana?

Bila anda tinggal di luar pulau Jawa, maka cara terbaik adalah memesan tiket pesawat murah menuju Jakarta. Sayangnya, belum ada angkutan umum yang langsung melayani rute langsung Jakarta-Argapura. Untuk mengunjungi agrowisata ini Anda harus terlebih dahulu mampir ke Majalengka dengan bus atau Cirebon lewat transportasi kereta.

Untuk transportasi bus, rute Jakarta-Majalengka bisa ditemui di termina-terminal besar dengan tarif berkisar Rp75-100 ribu. Pastikan saja Anda turun di Termina Maja dan melanjutkannya perjalanan ke Argapura yang berjarak sekitar 20-an km dengan ojek atau mencarter mobil dengan waktu tempuh tidak lebih dari 60 menit.

Sementara bagi Anda yang menggunakan kereta melalui Stasiun Cirebon, jarak menuju Argapura terbilang cukup jauh. Pilihannya Anda bisa mampir dulu ke Terminal Maja atau langsung mencarter mobil dari Stasiun Cirebon. Dari sini lama perjalanan kurang lebih selama 90 menit.

 Apa Yang Anda Lakukan?

Bukit Panyaweuyan menjadi lokasi terfavorit banyak forografer untuk mengambil gambar. Spot ini ibarat menara pantau dengan sudut pandang luas memandang setiap sudut perkebunan di Argapura. Pastikan Anda bangun sebelum matahari benar-benar terbit di ufuk timur dan nikmati setiap pemandangannya.

Dalam rentang jam 5-9 pagi menjadi waktu yang ideal untuk mengambil gambar lansekap Argapura yang menawan dan berbagai aktivitas petani bawang. Cahaya matahari yang tidak merata di setiap bukit akan memberikan bayangan dan membuat foto jadi lebih indah. Jangan lupa telusuri setiap sela terasering untuk mendapatkan pemandangan dari sudut berbeda sesuai dengan selera.

Aktivitas lainnya, Anda bisa ikut bercocok tanam membantu para petani dan mengakhiri hari dengan bermain air di Curug Apuy, Curug Puntang, dan Gua Lalay.

Dimana Anda Tinggal?

Beberapa hotel berbintang tersedia di Kota Majalengka dengan tarif berkisar Rp 1 juta yang berjarak sekitar 9-20 km dari Argapura.

Atau jika Anda tidak ingin ketinggalan momen dan ingin menjadi orang pertama yang bisa mengabadikan lansekap agrowisata ini, menginap di rumah warga atau mendirikan tenda di kawasan yang aman bisa saja dilakukan.

Tags:
Leave a Comment