Tadao Ando, Arsitek Jepang Berkarakter

  • Home
  • Tokoh
  • Tadao Ando, Arsitek Jepang Berkarakter
Arsitek ternama Jepang, Tadao Ando

Foto: IG @tadao.ando

Arsitek terkemuka asal Jepang ini lahir pada tahun 1941 di Minato-ku, Osaka, Jepang. Mendirikan Tadao Ando Architect & Associates pada tahun 1969. Pada tahun 1979 dia menjadi pemenang penghargaan Japan Architectural Institute ke-31, karena pembuatan rumah yang dinamakan Row House. Rumah tersebut berlokasi di Sumiyoshi, Osaka, Jepang.

Foto: IG @tadao.ando Row House, karya arsitektur yang diapresiasi tinggi masyarakat Jepang.

Tidak hanya menerima penghargaan dalam negeri, dia juga menerima penghargaan bergengsi di tahun 1995, yakni penghargaan Arsitektur Pritzker. Penghargaan tersebut diadakan setiap tahunnya untuk para arsitektur hebat di dunia. Tadao Ando dikenal luas dan bertanggungjawab dalam berbagai karya desain interior, baik di dalam maupun luar negeri. Salah satu karyanya di luar negeri, museum Punta della Dogana, di Vinesia, Italia.

Foto: IG @tadao.ando Tempat ibadah yang dibangun Tadao Ando.

Foto di atas merupakan salah satu karya terkenal milik Tadao Ando, di Jepang. Dia menyelesaikan proyek ini bekerjasama dengan perusahaan kontruksi yang bernama Tatsumi. Bangunan ini selesai dibangun pada Mei di 1989 yang diberi nama Gereja Cahaya (光の教会/hikari no kyoukai)atau nama resminya Gereja Ibaraki Kasugaoka yang berlokasi di Osaka. Bangunan ini hanya untuk beribadah umat Kristen, namun juga difungsikan menjadi tempat yang terbuka untuk umum akan tetapi bukan destinasi wisata.

 

Sumber: allabout.co.jp, tadao-ando.com, hetgallery.com

 

Kontibutor: Fida Nurrany, Okinawa-Japan

Tags:
Leave a Comment