Cara Tepat Membersihkan Talenan Kayu Anda

Foto: Dok. Apartment Therapy

 

Apakah Anda mencuci talenan kayu seperti biasanya mencuci piring dan panci, menggunakan sabun pencuci piring? Mulai hari ini sebaiknya tak lagi melakukan cara itu untuk membersihkan talenan kayu.

Salah satu benda penting di dapur ini memang harus selalu dalam keadaan bersih pada saat akan digunakan untuk memotong bahan masakan. Namun jika Anda menyangka bahwa gabungan air hangat dan sabun pencuci piring sudah cukup untuk membuat talenan kayu Anda bersih, sebenarnya tidak. Walaupun Anda sudah menggosoknya dengan sabut paling mahal sekalipun, talenan kayu sebenarnya masih dihinggapi bakteri berbahaya buat kesehatan.

Sarah dari Expert Home Tips menjelaskan pada The Mirror bahwa sabun pencuci piring tidak bisa masuk ke bawah permukaan talenan kayu untuk menyingkirkan bakteri-bakteri yang ada di sana. Lalu cara apa yang tepat untuk membersihkan talenan kayu?

Jawabnya, gunakan pemutih pakaian. Sarah menyarankan untuk merendam talenan kayu dalam larutan pemutih setiap kali talenan selesai digunakan. Larutan pemutih efektif untuk membunuh bakteri yang hinggap di permukaan maupun yang sudah masuk ke dalam badan talenan. Larutan pemutih juga akan mencegah berpindahnya bakteri dari talenan kayu ke bahan masakan yang akan dipotong pada pemakaian selanjutnya.

Selain itu, menjemur talenan kayu di bawah paparan sinar matahari hingga mengering sempurna juga cara yang tepat untuk membunuh bakteri di dalamnya. Namun, penggunaan talenan yang intensif setiap hari membuat tak banyak waktu untuk menjemurnya hingga kering sempurna. Karena itu, cara alternatif menggunakan larutan pemutih untuk membersihkan talenan kayu tiada salahnya untuk dicoba.

Tags:
Leave a Comment