Cara Percantik Plafon Rumah dengan Dekorasi Lis

Dekorasi lis pada Plafon

Foto: Dok. Yudi Hartanto

 

Plafon rumah tidak lagi sebatas penghalang antara ruang dengan bagian bawah atap. Tapi juga mendapatkan sentuhan dekoratif agar tampilan ruang jadi lebih menarik. Cara termudah dengan menambahkan dekorasi lis pada bagian pinggir antara pertemuan plafon dengan dinding. Fungsi lis untuk menutup sambungan pertemuan tersebut.

Bahan dasar lis ada yang terbuat dari kayu, gypsum, fiber glass atau lainnya. Dengan teknologi. produksi lis dapat dibentuk dan dibuat sesuai selera. Salah satunya lis yang berasal dari Belgia, terdiri dari jenis nomastyl dan arstyl. Bentuk lisnya berbeda dengan lis yang sudah dikenal, lis jenis ini terbuat dari bahan dasar poliestireno dan polyurethane.

Lis jenis nomastyl. Bahan dasarnya terbuat dari poliestireno, dengan bentuk yang padat dan tidak berpori-pori. Untuk mempercantik hasil finishing digunakan cat tembok, karena produknya tidak akan menyerap cat atau air.

Lis jenis arstyl. Produk terbuat dari bahan polyurethane. Bentuknya juga padat dan tidak berpori-pori. Finishing dapat menggunakan cat kayu atau cat-cat yang mengandung minyak. Keunggulan arstyl, tahan air, jamur, tidak patah dan anti rayap. Rumah yang dapat menggunakan arstyl, biasanya rumah berdesain klasik, mediteranian,dan eropa.

Selain itu juga terdapat lis berbahan fiber glass. Jenis lis yang ditawarkan terdiri dari beberapa ukuran dan warna. Lis fiber glass didominasi warna klasik, seperti warna emas. Lis jenis ini memiliki kelebihan, tidak mudah patah dan tidak gampang pecah jika jatuh saat pemasangan.

Cara pemasangannya cukup mudah, dengan menggunakan lem khusus yang bersenyawa dengan produk ini, apa pun mereknya. Begitu juga dengan lis fiber glass pemasangannya tidak sulit, asalkan permukaan tembok rata.

Tags:
Leave a Comment