Kehangatan Ruang dengan Lantai Kayu

Lantai kayu

Foto: Yudi Hartanto

 

Ruangan yang memiliki kesan hangat bisa dihadirkan dengan pemilihan penutup lantai berbahan kayu. Bisa dalam bentuk kayu solid maupun kayu olahan. Lantai kayu memiliki fungsi yang lebih hangat dan intim ketimbang material keramik. Dengan permukaan alaminya, pesona lantai kayu mampu menampilkan desain ruang yang menarik.

Lantai kayu atau wood flooring salah satu material yang banyak diminati desainer interior sebagai penutup lantai. Terdapat beberap jenis lantai kayu seperti Solid Flooring, Two Layers Flooring, Three Layers Flooring, Multi Layer Flooring, Veneer Flooring, Mosaic, dan lainnya.

Aplikasi lantai kayu sebaiknya berada di lantai dua atau area yang tidak memiliki kelembaban tinggi. Jika harus berada di lantai bawah, sebaiknya daerah yang cukup kering dan terkena sinar matahari yang cukup. Lantai kayu memberi kesan natural, hangat, dan secara psikologi memberi rasa nyaman yang khusus seperti perasaan menyatu dengan alam. Lantai ini lebih ramah terhadap lingkungan dan tidak menjadi tempat bersarangnya kuman atau bakteri yang merugikan manusia.

Ketahanan permukaan lantai kayu ditentukan oleh finishing yang digunakan. Jenis finishing yang paling banyak digunakan dengan UV (Ultra Violet) Curable Coatings dengan berbagai macam variasi pengaplikasiannya akan dicapai High Resistant Flooring. Hal ini dicapai dengan mengaplikasikan HPC (High Performance Coatings).

Tags:
Leave a Comment