Material Railing yang Tepat, Nyaman Digunakan

Material railing tangga

Pilih material yang tepat agar nyaman saat digunakan./Foto: Yudi Hartanto

 

Untuk mendapatkan komposisi railing yang dapat menambah keindahan ruang, kita harus menyesuaikan bentuk railing dengan interiornya. Hal ini untuk mendapatkan keselarasan bentuk dengan eleman penunjang lain. Selain itu pemilihan bahan turut menjadi faktor penentu keindahan dan keapikan railing.

Kayu. Material ini paling umum digunakan pada rumah tinggal. Sifat kayu memberi kesan alami dan sangat sesuai bila di letakkan pada ruangan yang bergaya country. Selain itu, kayu dapat dibentuk atau dipahat sesuai selera untuk memberi aksen seni.

Bata. Railing yang menggunakan material ini terkesan masif, karena sifatnya yang kaku dan sulitnya dimodifikasi. Tetapi ada juga produsen railing yang membuat bagian-bagian dengan cara dicetak untuk mendapatkan bentuk yang diinginkan. Railing dengan material ini dapat tampil dengan finishing unik, misalnya dengan diekspos atau diplester.

Besi tempa. Railing yang terbuat dari besi tempa biasanya menimbulkan kesan modern. Penggunaan material ini sangat sesuai untuk rumah dengan interior modern dan minimalis. Selain penggunaan besi tempa, terdapat beberapa desain railing yang menggunakan material lain. Misalnya, dengan menggunakan besi hollow dan alumunium yang nuansa minimalisnya sangat kentara.

Tags:
Leave a Comment