Mengenal Bagian Railing Tangga

Railing tangga

Railing tangga yang aman  saat digunakan akan menghadirkan ruang yang nyaman./Foto: Yudi Hartanto

 

Railing tangga merupakan sarana keamanan penghuni rumah, sekaligus tempat berpegangan untuk menuju lantai dua rumah. Rumah dua lantai membutuhkan railing sebagai media keselamatan. Namun secara estetika, juga turut memengaruhi keindahan area tangga.

Berbagai macam dan bentuk tangga serta ketinggian yang berbeda dibutuhkan untuk memberi kenyamanan saat menaikinya. Bagian dari tangga itu, tidak saja berfungsi memberikan kenyamanan dan keselamatan, tetapi juga sebagai elemen estetika ruangan.

Bentuk railing menyerupai pagar, di letakkan mengitari tangga, berfungsi menjaga keselamatan terutama untuk anak-anak. Railing tidak saja diletakkan pada tangga, tetapi bisa juga ditaruh pada sisi-sisi bangunan yang dianggap riskan. Misalnya, balkon dan dapat juga diletakkan pada teras bangunan.

Beberapa bagian railing yang harus diketahui.

Tiang utama. Berguna sebagai tiang sandaran tempat railing bertumpu. Bentuk tiang utama ada yang bujur sangkar, lingkaran atau persegi panjang dengan ukuran lebih besar dari bagian railing lain. Pada bagian atas tiang utama ini (pole) dapat dibuat dengan bentuk-bentuk yang menarik dan bervariatif.

Bagian pegangan. Sandaran berbentuk menyerupai batangan horisontal yang berfungsi sebagai pegangan. Sandarannya dibuat dengan ukuran yang tidak terlalu tinggi, berpatokan pada kenyamanan saat meraihnya. Tinggi sandaran berkisar 75-90 cm dari bagian alas. Karena adanya kontak langsung dengan tangan, pilihlah bahan yang bersifat licin serta tidak memiliki sudut tajam dan tidak mudah melukai telapak tangan. Bila Anda ingin  membuat sandaran berbentuk bulat, pilih ukuran berdiameter 4-5 cm, sedang sandaran kayu dapat dipilih dengan ukuran 4×6 cm atau 6×8 cm.

Balustrade (jeruji). Bagian inilah yang dapat divariasikan. Balustrade berupa susunan material yang berfungsi pengaman agar tidak terpeleset. Saat ini bentuknya bermacam-macam, mulai dari yang diberi ukiran, hingga penggunaan material dekoratif seperti penggunaan kaca.

Tags:
Leave a Comment