Ternyata Kopi Tak Hanya Nikmat Diminum Tapi juga Bisa Bikin Panci di Rumah Anda Kembali Bersih

  • Home
  • DIY
  • Ternyata Kopi Tak Hanya Nikmat Diminum Tapi juga Bisa Bikin Panci di Rumah Anda Kembali Bersih

Foto: dok. tea-village.com

Kopi, Si Hitam yang populer sebagai minuman kaum urban ini ternyata tak hanya nikmat diminum, tapi juga bisa bikin rumah bersih, salah satunya panci Anda. Anda pasti sudah tahu bahwa kopi, dalam bentuk biji atau bubuk, mampu menyerap bau-bau tak sedap, menghilangkan selulit, membuat masakan makin sedap, mengurangi bau nafas, bahkan menjadi pupuk. Nah, ada satu lagi manfaatnya, bisa menjadi pembersih yang alami. Mau tahu apa saja kegunaan Si Hitam untuk membersihkan rumah?

Menghilangkan noda pada kayu
Jangan buang ampas kopi di cangkir Anda, karena masih berguna untuk menghilangkan noda pada permukaan kayu. Taburkan ampas kopi yang masih basah tersebut di permukaan furnitur kayu, diamkan 10 menit lalu lap dengan kain bersih. Warna gelap dan kusam karena noda akan berganti menjadi warna cerahnya kayu.

Mengatasi sink tersumbat
Timbunan sampah minyak dari masakan bisa menyumbat saluran pembuangan air di bak cuci piring. Untuk mengusirnya, masukkan beberapa sendok kopi bubuk ke dalam air mendidih, tambahkan sabun pencuci piring. Lalu siramkan campuran larutan tersebut ke mulut saluran pembuangan.

Membersihkan panci
Bubuk kopi bersifat abrasif jika digosokkan ke suatu permukaan, termasuk permukaan panci yang kotor. Tak hanya menghilangkan kerak di panci, bubuk kopi juga akan membuat panci bersih dan kesat karena kemampuannya menyerap minyak-minyak yang tersisa.

Menyamarkan goresan di furnitur kayu
Goresan akan membuat keindahan furnitur kayu berkurang. Buat campuran dari bubuk kopi dan air panas sehingga menjadi bentuk pasta. Tutupi permukaan yang terdapat goresan sehingga kembali mulus. Bersihkan.

Tags:
Leave a Comment