Renovasi Rumah di Lahan Lebar 3 Meter

Foto. Dok. Modulora.cz

Kepada Arsitek,

Saya memiliki rumah  dengan lahan yang unik, lebarnya hanya 3 meter dan panjang ke belakang 10 meter. Tampak pada layout denah eksisting. Di rumah tersebut saya akan merenovasi dengan menambah lantai. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan anggota keluarga berupa 2 kamar tidur. Mohon sarannya!

Susi, Jakarta

 

Jawaban

Kepada Ibu Susi,

Benar, rumah Ibu Susi memang cukup unik hanya dengan lebar tersebut, apalagi panjang ke arah belakang. Lebar yang sempit akan menghadirkan ruang-ruang yang kurang mendapatkan udara alami dan sinar matahari langsung, karena ketiadaan bukaan yang mencukupi. Semua ruang dalam rumah “tertutup” kecuali ruang tamu di bagian depan. Area tersebut menjadi satu-satunya tempat untuk akses udara dan cahaya alami ke dalam. Saya menyarakan, sebaiknya Ibu menambahkan taman kecil di belakang yang terbuka ke atas untuk tambahan akses cahaya dan udara alami.

Untuk lantai bawah, area ruang tamu diperkecil sedikit, untuk mendapatkan luasan yang cukup pada ruang keluarga dan makan (termasuk dapur) di tengah. Di bagian belakang, terdapat kamar mandi dan taman. Ruang keluarga memiliki akses tangga ke lantai atas dan terbuka ke void di koridor atas untuk akses ke kamar tidur utama dan kamar anak. Void tangga yang terbuka dilengkapi dengan skylight di area atas tangga.

 

Salam,

Yudhi Yogaswara ST

Arsitek

Tags:
Leave a Comment