Desain Rumah Modern Beratap Miring

Kepada Arsitek,

Saya berencana membangun rumah di sebidang tanah dengan luasan tidak lebih dari 100 meter persegi. Desain yang saya inginkan bergaya modern minimalis. Tapi karena tinggal di negara tropis, saya tetap ingin atap rumah berbentuk atap miring.

Halimah, Semarang

 

Jawaban

Kepada Ibu Halimah,

Rumah dengan atap miring tidak selalu identik dengan rumah tradisional. Desain atap ini juga banyak dipakai pada rumah bergaya modern minimalis. Gaya ini memiliki karakter kuat dengan bentuk tegas seperti kotak atau segitiga. Gunakan bentuk ini pada fasad dengan sederhana agar tampilannya menarik. Seperti bentuk segitiga pada atap mirin dua arah, namun tanpa overstek dan ujung kemiringan atapnya langsung menyambung dengan kedua sisi dinding di bawahnya.

Rumah gaya tradisional kuat dengan kesan simetris dan teratur, seimbang dan sama di kanan-kiri. Gaya modern lebih bebas dan fleksibel, atau dinamis. Buat desain rumah dengan atap miring sebelah (satu sisi) atau ‘patahkan’ atau ‘pisahkan’ sambungan antar atap yang satu dengan yang lain, buatlah atap bertingkat-tingkat atau berundak. Ini akan membuat fasad, berkesan dinamis dan modern. Selain itu, pilihan material juga memegang peranan penting. Material beton dengan banyak kaca, membuat fasad menjadi modern. Bisa juga gunakan material baja yang diekspos untuk struktur, dikombinasi dengan dinding-dinding polos dan dekorasi kayu minimalis.

 

Terima kasih

Yudhi Yogaswara ST

Arsitek

Tags:
Leave a Comment