Perjalanan 60 tahun Hadiprana Design Consultant dalam Perkembangan Dunia Desain

  • Home
  • Inspirasi
  • Perjalanan 60 tahun Hadiprana Design Consultant dalam Perkembangan Dunia Desain

Foto: Pipit Pianita

Pada 60 tahun lalu, Hendra Hadiprana membangun Hadiprana Design Consultant. Perusahaan yang bergerak di bidang desain dan perencanaan. Sejak didirikan pada 1958  hingga saat ini, Hadiprana Design Consultant telah berkembang menjadi badan usaha konsultan resmi dengan lima divisi perencanaan; arsitektur, interior, special lighting, lansekap dan artwork, divisi design & build, dan accent retail.

Melewati beberapa dekade dan kini dipegang generasi ketiga, Hadiprana Design Consultant telah membuktikan diri sebagai salah satu tonggak perkembangan desain di Indonesia. Pendekatan desain Hadiprana Design Consultant merupakan buah pemikiran pria  yang akrab di sapa Oom Henk yang ingin menghadirkan desain elegan namun tetap  mengambil nilai Indonesia. Tetap lekat dengan ditampilkan melalui karyanya yang sarat proporsi klasik Eropa namun tetap kental akan nuansa vernacular

Di usia ke 60, HadipranaDesign Consultant menggelar   Hadiprana Design Week (HDW)  selama 3 hari berturut-turut, yakni 10-12 Oktober 2018 di Plataran Ramayana, Hotel Kempinski,  Jakarta. Acara ini merupakan momen untuk merefleksikan diri, serta melihat kembali apa yang telah dicapai. HDW 2018 diberi nama Pranajiva. Berasa dari bahasa Sansekerta, yang berarti hidup atau nafas hidup. Secara simbolik menggambarkan perjalanan Hadiprana Design Consultant hingga 6 dekade.

Pada 10 Oktober 2018,  Hadiprana Design Week 2018 ini diawali dengan peluncuran buku  Hadiprana: The Aesthetic Journey. Buku ini bercerita mengenai proses desain, inspirasi, cerita dari Hadiprana Design Consultant.  Dikerjakan secara kolaborasi antara Team Hadiprana Design Consultant sebagai Creative Director dan Editor, Leboye Design sebagai DesainerGrafis, dan Diana Darling sebagai penulis. Untuk mengembangkannya menjadi sebuah konsep (Romance), proses eksekusi desain (Rhytm), dan hasil desain (Elegance).

Di tanggal 11 Oktober 2018, adalah acara sarasehan mahasiswa dari beberapa universitas di Jakarta untuk diskusi bersama dengan para tim Hadiprana Design Consultant. Di lanjutkan acara ‘Sarasehan’ bertemu dengan para tim Hadiprana Design Consultant dan alumni. Di tutup di hari Jumat 12 Oktober 2018, dengan talk show bertema “The Journey to Infinity and Beyond”. Talkshow akan dihadiri oleh banyak pembicara dari berbagai bidang. Seperti Adi Panuntun (Sembilan Matahari), Afwina Kamal (Hadiprana Design Consultant), Faried Masdoeki (Hadiprana Design Consultant), Joshua Simanjuntak (BEKRAF), Lanny Ridjab (PAI), Nyoman Nuarta (Studio Nyoman Nuarta), Sammy Hendramianto (ID 12 dan SHS Associates), Sharif Benyamin (PT. SummareconAgungTbk), Sofwan (WOHA), Sonny Sutanto (Sonny Sutanto Architect),Yori Antar (Han Awal& Partners).

Selama acara, turut dipamerkan 44 karya dari 20 proyek yang terdapat di dalam Buku Hadiprana The Aesthetic Journey,  24 photo exhibition. Dan video mapping “Pohon Kehidupan”, karya SembilanMatahari. “Pohon Kehidupan” merupakan salah satu nilai dari Hadiprana Design Consultant, yakni memberikan kontribusi dimana pun ia berada.

 

Naskah: Pipit Pianita

 

 

 

Tags:
Leave a Comment