Tren Desain Hotel 2019

Foto: Traya

Trend forecasting atau peramalan tren semakin mewarnai perkembangan industri desain dan interior perhotelan.  Produk yang bagus tidak datang dalam sekejap, sehingga dibutuhkan banyak usaha dan waktu untuk mewujudkan. Salah satunya dengan trend forecasting untuk memprediksi pasar terlebih dahulu. Dengan mengangkat perkembangan tren di dunia desain yang kian memanfaatkan teknologi masa kini dan bertujuan untuk memberikan informasi tentang tren global yang akan datang kepada para desainer atau pengusaha kreatif di Indonesia, khususnya yang terkait dengan industri hospitality.

“Kegiatan trend forecasting telah membantu perusahaan-perusahaan di industri desain dan kreatif untuk memaksimalkan target penjualan mereka sesuai dengan keinginan pasar dan waktu yang tepat, apalagi kini sudah mulai dengan pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI). Begitu pula di industri hospitality, sebuah hotel bisa mengetahui mengenai minat dari tamu-tamunya,” ujar Tri Anugrah, Creative Director / Trend Researcher ITF, beberapa waktu lalu dalam pameran HOSPITALITY Indonesia 2018 yang berlangsung di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran – Jakarta Pusat, pada 24-27 Oktober 2018.

Sementara itu, Kafin Noe’man dari Design & Lifestyle Researcher, Strategic Planner BD+A Design menyampaikan empat karakter: Enthusiast, Feminine, Pragmatic dan Fashionista, yang menjadi “jiwa” dari trend forecasting Singularity setahun mendatang bagi industri kreatif di Indonesia, termasuk di dalamnya industry hospitality.

“Di desain interior, empat turunan tema singularity (Exuberant, Neo Medieval, Svarga, Cortex) dikawinkan dengan persona yang ada di Indonesia (The Enthusiast, The Feminine, The Pragmatic, The Fashionista) dan karakter interior akan membuat sebuah desain interior yang baru,” ujar Kafin.

 

Tags:
Leave a Comment