Eksklusif Membedah Ruang Kerja Sekjen DPR RI, Indra Iskandar

  • Home
  • Inspirasi
  • Eksklusif Membedah Ruang Kerja Sekjen DPR RI, Indra Iskandar

Foto: Yudi DH

Di tengah kesibukannya, Indra Iskandar, yang berulang tahun pada hari ini, Rabu, 14 November, memberi kesempatan eksklusif redaksi athome.id untuk melihat langsung suasana ruang kerja Sekretaris Jenderal DPR RI ini. Mantan aktivis yang kini berkiprah di birokrasi dengan membawa semangat kebaruan. Inilah pertama kali akses media dapat melihat langsung ‘jeroan’ ruang kerja sekjen DPR RI. Ruangan di mana segala persiapan sidang paripurna maupun rapat komisi digagas untuk melayani wakil rakyat melakukan pekerjaannya.

Dengan ramah dan antusias, Indra mengajak kami berkeliling ke tiap sudut ruang kesekjenan. Tidak ada yang berlebihan, semuanya ditata dengan interior yang hangat dan fungsional, jauh dari kesan mewah. Ruang sekjen terbagi menjadi tiga layout berbeda. Pertama, begitu memasuki pintu utama merupakan ruang penerima. Area ini terdiri dari furnitur berupa kursi-kursi, sedangkan ruang tertutup untuk tamu yang lebih banyak. Disebut sementara, karena fungsinya sebagai tempat menerima sebelum para tamu bergiliran masuk ke dalam menemui Indra. Dalam area yang sama, terdapat ruang staf sekjen yang siap memenuhi kebutuhan Indra.

Baca : Indra Iskandar : Dari Istana ke Senayan

Ruang rapat ini berada di area tengah, penghubung antara ruang penerima dengan ruang kerja Indra.

Kedua, berupa ruangan rapat yang besar dengan 13 kursi berwarna hitam. Interior didesain sangat simpel, meja panjang dengan permukaan kaca yang dikelilingi dinding ruang berwarna netral. Warna coklat dimasukkan dengan menempatkan rak buku dengan laci-laci penyimpanan. “Desain ruangnya sangat kentara ruang rapat kantor pemerintahan,” tegas Indra. Dindingnya dihiasi foto-foto sekjen sebelumnya dan aksesoris berupa batik yang dibingkai.

Ruang ini berada di dalam ruang kerja,Sekjen. Biasa digunakan untuk tamu-tamu penting.

Layout ketiga, ruang kerja utama Indra, di dalamnya cukup luas dengan penataan sederhana. Terdapat 6 sofa singel berwarna coklat dan dua sofa chesterfield di sisi lainnya, menandakan kemewahan dan kemapanan. Sofa-sofa ini digunakan untuk menerima pimpinan DPR RI maupun tamu lainnya. Ruangan Indra sangat nyaman dan ditata dengan baik. Beberapa bagian dindingnya pun mendapat sentuhan dekoratif dengan menambahkan beragam lukisan dan foto yang menarik.

Atas: Sudut dekoratif yang dimanfaatkan, lokasinya dekat dengan ruang pribadi.
Bawah: Kamar mandi, dengan desain modern dan clean.

Di sisi lain, terdapat meja kerja Indra, menghadap ke arah keenam sofa di depannya. Di kanan ruang terdapat ruang pribadi, berupa area makan dan tempat tidur jika Indra bekerja hingga larut malam dan perlu beristirahat. “Ruangan ini tempat saya makan, berolahraga, shalat, dan tidur jika ada pekerjaan hingga larut malam,” jelas Indra. Di sisi kiri, berupa kamar mandi. Desainnya lebih modern dengan sanitray yang elegan. Di antara ruang lainnya, kamar mandi menjadi area yang paling kekinian dan clean.

 

Tags:
Leave a Comment