LG Indonesia Hadirkan Monitor 5K Pertama di Indonesia Bagi Pekerja Kreatif Profesional

  • Home
  • Events
  • LG Indonesia Hadirkan Monitor 5K Pertama di Indonesia Bagi Pekerja Kreatif Profesional

Foto: dok. LG Electronics Indonesia

LG Electronics Indonesia mendukung perkembangan industri kreatif di Indonesia dengan menghadirkan monitor resolusi tinggi 5K. “Kehadiran dua monitor 5K dari LG, yaitu LG 27MD5KA dan LG 34WK95U, menandai dimulainya era baru monitor beresolusi tinggi di Indonesia,” kata Abel Oh, IT & B2B Director LG Electronics Indonesia. Dua monitor 5K ini bisa menjadi pilihan tepat bagi pekerja kreatif profesional, di antaranya visual artists, editor kreatif, dan kreator konten digital.

Dari bentang layar, monitor 5K LG memiliki dua dimensi berbeda yaitu 27 inci untuk seri LG 27MD5KA dan 34 inci untuk seri LG 34WK95U. Meskipun demikian, keduanya sama-sama mengadopsi panel IPS yang membuatnya memiliki sudut pandang layar hingga lebih dari 170°. Hal ini membuat pengguna dapat melihat gambar tertayang pada layar tanpa distorsi tampilan warna dari berbagai sudut.

27MD5KA, UltraFine Display
Hadirnya monitor LG 27MD5KA ini dapat dikatakan menjadi kabar gembira bagi para profesional di bidang kerja kreatif yang juga pengguna New MacBook Pro. Hal ini pula yang membuat LG melengkapi monitor 5K terbarunya dengan konektor Thunderbolt™ 3. Selain transmisi data besar dalam kecepatan tinggi yang mencapai 40Gb/s (detik), keterhubungan ini sekaligus membuat monitor dapat melakukan pengisian daya hingga mencapai 85W pada unit New MacBook Pro. “Ketersediaan satu sambungan untuk menangani seluruh urusan inilah yang menjadikan monitor LG 27MD5KA sebagai kawan sepadan pengguna New MacBook Pro untuk meningkatkan produktivitas kerjanya,” kata Susanto, IT Sales & Marketing Head LG Electronics Indonesia.
Dukungan peningkatan produktivitas pun hadir melalui kemudahan kontrol monitor yang dapat dilakukan langsung dari New MacBook Pro. Tanpa harus menekan beberapa tombol fisik yang biasa tersedia di monitor, berbagai penyesuaian layar seperti tingkat kecerahan dan lainnya, dapat dilakukan melalui tampilan Display Control pada New MacBook Pro.
Layar LG 27MD5KA memiliki resolusi 5,120 x 2,880 piksel. Kemampuan menghasilkan deret warna luas pun tak perlu diragukan. Pasalnya, LG 27MD5KA ini mengantongi angka DCI-P3 99%. Nilai rujukan yang dicetuskan Digital Cinema Initiatives (DCI), gabungan berbagai perusahaan utama dalam industri konten gambar bergerak (motion picture), ini menunjukkan tinggi rendahnya spektrum warna yang mampu dihasilkan dari sebuah media penampil. Memastikan tiap warna tampil halus, LG pun memberikan kerapatan piksel mencapai 218ppi (pixel per inch).
Melengkapi penggunaan panel IPS dalam memberikan dukungan peningkatan produktivitas, LG memberikan monitor 5K terbaru ini dengan tingkat pencahayaan hingga 500 nits. Tingginya tingkat pencahayaan layar memastikan konten tertayang pada monitor tetap tampil cemerlang meskipun di bawah kondisi pencahayaan ruang yang terang.
Kelengkapan webcam dan voice speaker yang responsif, memberi peluang bagi pengguna untuk terhubung dalam fasilitas komunikasi via video maupun permainan game kelompok. Menambah unsur kesenangannya, unit speaker dengan kedalaman bunyi dan bass yang kaya pun menjadi bagian kesatuan dalam monitor ini.

34WK95U, UltraWide Monitor

Hadir dalam bentang layar lebih besar, monitor LG 34WK95U memiliki resolusi 5,120 x 2,160 piksel. Tawaran pada produktivitas lebih baik berawal dari desain layar Ultra Wide yang memanjang.  Bentang ini memberi keuntungan terciptanya ruang 33% lebih luas dibanding monitor 16:9. “Rancangan kemampuan bekerja dengan ragam berkas yang tertampil sekaligus pada beberapa jendela layar, meningkatkan produktivitas baik dalam sisi kualitas maupun kecepatan kerja penggunanya,” kata Susanto, IT Sales & Marketing Head LG Electronics Indonesia.
Sementara terkait dengan warna, kemampuannya pun terbilang mengagumkan. Hal ini dapat dilihat dari nilai spektrum warna sRGB 135% dan DCI-P3 yang mencapai 98%. Nilai DCI-P3 sendiri menjadi standar spektrum warna bagi konten dalam format digital. Ditunjang terapan bingkai tipis pada empat sisinya, memberi kenyamanan pandang lebih baik bagi pengguna.
Keistimewaan utama pada visual monitor 5K LG ini ada pada penggunaan teknologi Nano IPS di dalamnya. Berwujud susunan partikel berukuran nano yang diletakkan di depan deret lampu LED yang menjadi pencahayaan latar (backlight), teknologi ini bermanfaat meningkatkan akurasi warna yang sangat dibutuhkan pada pekerjaan visual dengan warna yang kaya. Pada tampilan yang menghadirkan warna-warni dengan gradasi misalnya, distorsi kerap terjadi pada tepian batas antar warna yang kerap membuat warna tak terekspresikan dengan baik. Kerja teknologi Nano IPS menyerap gelombang cahaya berlebih diantara warna untuk memastikan tiap warna tampil dengan akurat sesuai visi sebenarnya dari kreator konten.
LG 34WK95U menjadi solusi alat pendukung visual bagi kerja kreatif profesional, terlihat pada kelengkapan kemampuan menangani konten High Dynamic Range (HDR) dengan keberadaan dukungan VESA DisplayHDR™ 600. Berawal dari teknologi pada kamera, format HDR membuat gambar tertampil dengan bentang pencahayaan luas yang memberikannya efek lebih dramatis.
Sepasang speaker berkekuatan 5W dengan warna bass yang kaya pun disematkan untuk mendukung monitor 5K LG ini dari sisi audio. “Menggabungkan kerja dan kesenangan dalam satu perangkat yang memiliki kelengkapan untuk menangani keduanya, menjadikan monitor ini opsi investasi terbaik bagi pemiliknya,” kata Susanto, IT Sales & Marketing Head LG Electronics Indonesia.
Sementara tentang konektivitas, selain Display Port, juga terdapat dua sambungan HDMI yang dapat dimanfaatkan saat pengguna bermaksud menampilkan konten dalam resolusi 4K. Terdapat pula 3 buah sambungan USB dengan 2 diantaranya merupakan USB 3.0.
Monitor ini pun dilengkapi konektor Thunderbolt™ 3. Hal ini membuka peluang bagi pengguna MacBook untuk meningkatkan produktivitasnya melalui transmisi data hingga 40Gb per detik dan sembari melakukan pengisian daya monitor. Membawa daya tarik utama pada resolusi 5K yang sekaligus menjadikan keduanya monitor dengan resolusi paling tinggi di Indonesia saat ini, LG optimis keduanya bakal mendapat respon positif di kalangan para pekerja kreatif profesional.

Tags:
Leave a Comment