Mendukung Pariwisata Kepri, Bandara Raja Haji Fisabilillah Siap Layani Wisatawan

  • Home
  • Travel
  • Mendukung Pariwisata Kepri, Bandara Raja Haji Fisabilillah Siap Layani Wisatawan

Foto: Dok. AP 2

Meskipun Provinsi Kepulauan Riau tidak termasuk ke dalam 10 destinasi wisata Bali baru di Indonesia, tidak menyurutkan semangat pemprov  untuk menggiatkan pariwisata di daerahnya. Hal ini juga ditandai dengan semakin eratnya hubungan antara pemprov Kepri dengan Angkasa Pura II, pengelola Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF).

Kepulauan Riau resmi menjadi provinsi pada September 2002. Provinsi ini memiliki bandar udara bernama Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah (RHF) yang beribukota Tanjungpinang. Bandara RHF termasuk bandara baru di Indonesia. Namun, penerbangan ke Pulau Bintan mulai menunjukkan peningkatan signifikan seiring geliat ekonomi dan pariwisata yang terus membaik.

Terdapat 17 pergerakan pesawat di Bandara setiap harinya, dengan maskapai penerbangan ke RHF seperti Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Lion Air, Susi Air, Wings Air, dan Xpress Air. Bandara RHF ditempuh dalam waktu 1 jam 30 menit dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta).

“Pada hari biasa kami melayani 1.000 penumpang, sedangkan highseason bisa mencapai 1.200-1.400 penumpang,” ujar Manager Of Finance & Human Resources Bandara RHF, Agust Lubisk.

RHF dikelola PT Angkasa Pura II (Persero) dan mulai beroperasi pada 2014. Bandara ini memiliki panjang runway 2.500 meter dengan kapasitas 1 juta penumpang per tahun. Di dalam bandara terdapat fasilitas yang mengutamakan kenyamanan penumpang. Baik ruang tunggu hingga fasilitas kuliner, sehingga penumpang dapat menunggu jadwal terbang dengan nyaman.

“Sebagai bandara baru, RHF memiliki desain gedung yang modern. Terdapat banyak kaca dan struktur baja untuk menunjukkan kemegahannya. Interiornya juga dibuat senyaman mungkin, agar penumpang bisa menunggu tanpa bosan. Bandara dilengkapi berbagai tenant makanan dan oleh-oleh,” kata Executive General Manager, Hotasi Manalu.

“Kendati masih kategori bandara kecil, Bandara RHF memiliki fasilitas yang setara bandara besar. Mulai dari ruang tunggu, informasi penerbangan, toilet bersih, area bermain, tenant makanan, hingga free wifi,” tambahnya.

Foto: Treasurebaybintan.com

Wisata Berkelas

Bandara RHF siap untuk melayani wisatawan mancanegara maupun domestik dengan terus melakukan pembenahan dan pelayanan bandara bertaraf Internasional. Terlebih provinsi ini memiliki obyek wisata yang luar biasa menarik dan berkelas, seperti Lagoi Bay. Tempat wisata yang paling populer di Pulau Bintan. Di Teluk Lagoi ini terdapat kolam renang paling luas se-Asia Tenggara dengan nama Treasure Bay.

Ada juga wisata lain seperti Pantai Trikora, Pulau Penyengat, White Sands Island, Pulau Penyusuk, Taman Laman Bunda, dan Pulau Mapur. Pulau Bintan juga terdapat sebuah Vihara, yaitu Vihara Avalokitesvara yang merupakan vihara terbesar di Asia Tenggara.

 

Tags:
Leave a Comment