Menghias Meja Makan Bertema Natal

Foto: Yudi DH

Malam Natal, saatnya berkumpul merayakan kelahiran Yesus Kristus, Sang Juruselamat. Seluruh anggota keluarga duduk dan berdoa bersama mensyukuri segala berkat dan keselamatan yang diberikan Tuhan. Seringkali juga mengundang keluarga besar. Karena ini momen istimewa, tak ada salahnya jika acara makan malam disiapkan dengan baik. Salah satu hal yang patut dipersiapkan, penataan meja makan (table setting) dengan ornamen Natal.

Satu hal penting sebelum menata meja makan, tentukan bagaimana akan menyajikan hidangan makan malam. Gaya makan yang paling formal, seluruh undangan yang hadir duduk mengelilingi meja makan. Salah satu anggota keluarga menyajikan hidangan ke tiap-tiap piring, dan diedarkan ke seluruh undangan. Gaya makan yang lebih santai, tuan rumah mengedarkan piring ke semua tamu undangan. Hidangan makan malam ada di tengah-tengah meja makan, dan dengan mudah diedarkan ke seluruh undangan.

Baca : Poinsettia si Bunga Natal 

Gaya makan malam keluarga yang paling baik, meja makan diset sedemikian rupa dengan peralatan makan yang tertata rapi di setiap tempat duduk. Makan malam prasmanan menjadi favorit sebagai gaya penyajian. Apalagi jika banyaknya undangan lebih dari kapasitas satu meja.

Hal kedua yang juga patut diperhatikan, hidangan yang akan disajikan. Rencanakan menu hidangan Natal yang cukup disajikan dalam satu piring. Jika ingin menghidangkan makanan secara prasmanan, tak perlu menyediakan sup (appetizer=makanan pembuka pembangkit selera). Prioritaskan menu utama dan pastikan hidangan akan terlihat menarik dalam satu piring. Jangan lupa, memastikan piring sajian dan peralatan makan yang diperlukan tersedia untuk setiap menu yang akan dihidangkan.

Baca: Sambut Natal, Dapur Mungil Ini Bisa Jadi Inspirasi

Rencanakan dengan matang acara makan malam jauh-jauh hari. Buat gambaran ‘jalur peredaran’ hidangan. Bahkan bila perlu, buat denah merencanakan penempatan masing-masing piring dan penataan meja makan. Tempatkan dengan tepat peralatan makan di samping piring, sesuaikan dengan menu hidangan yang akan disajikan.

Letakkan centerpiece sebagai pusat perhatian di meja makan. Bisa berupa bunga segar atau bunga-bunga kering. Rangkai sedemikian rupa sehingga tampak indah dan menarik. Tempatkan di tengah-tengah meja makan. Letakkan lilin-lilin di sampingnya. Semangkuk bola-bola Natal (Christmas balls) berwarna merah pun menarik jika dijadikan centerpiece. Namun, ukuran centerpiece jangan terlalu tinggi sehingga tidak mengganggu percakapan Anda dengan orang di ‘seberang’ saat makan malam.

Perhatikan penutup meja makan (runner). Tidak harus menutupi seluruh permukaan meja makan, apalagi meja yang terbuat dari kaca. Serbet (napkin) yang digunakan sebaiknya bahan kain yang lembut dan tidak terlalu berat, dan bukan kertas. Centerpiece, penutup meja (runner), serbet (napkin), peralatan makan maupun perlengkapan lainnya, antara lain wadah buah dan wine cooler akan lebih menyemarakkan suasana Natal jika mewakili warna-warna Natal, seperti merah, hijau, emas dan perak.

Tags:
Leave a Comment