Mencari Ketenangan di Yilan

Foto: Pipit

Sebagai  ibukota Taiwan, Taipei adalah kota metropolis yang penuh gedung bertingkat, lalu lalang kendaraan dan kesibukan masyarakatnya yang tanpa henti. Berbanding terbalik dengan Taipei yang metropolis, ada Yilan County yang tenang.

Yilan County adalah daerah timur laut Taiwan. Yilan County meliputi kurang lebih 12 kota kecil dengan kota terbesar adalah Yilan City. Yilan memiliki kekhasan geografi berupa gunung, pantai dan pulau yang berbatasan langsung ke Samudra Pasifik. Waktu yang singkat hanya dalam dua hari saya mengunjungi Yilan. Tepatnya di Dongshan dan Toucheng bersama  Taiwan Leisure Farms Development Association (TLFDA). Organisasi non laba yang mengurusi pertanian biasa menjadi pertanian untuk rekreasi.

Dogshan adalah daerah pedesaan yang tenang. Dogshan memiliki tipologi lahan berbeda-beda. Area yang berdekatan dengan sungai cenderung datar  dengan area persawahan, peternakan ulat sutra dan ladang sayur,bunga, dan buah. Menuju ke selatan terdapat gunung  Dayuan dengan ketinggian 250 meter di atas permukaan laut. Ada tempat wisata yang cukup terkenal dan bertaraf internasional di Dogshan. Shangrilla Leisure Farm. Pertanian rekreasi yang di kelilingi  ekosistem alami. Tempat hidup berbagai jenis kodok langka, spesies kupu-kupu unik Taiwan dan ngengat. Dengan fasilitas  restauran, kebun buah dan Song Luo Resort. Tamu yang menginap dapat bermain di perkebunan, memandang pegunungan hijau dari dek kayu,  memetik buah yang masak pada saat itu, hingga DIY membuat permainan tradisional dan memainkannya. Song Luo Resort sangat unik, karena di dominasi penggunaan kayu Hinoki. Kayunya mengeluarkan aroma wangi yang khas seperti bau musk dan menggantikan fungsi pengharum ruangan sintetis yang tidak ramah lingkungan. Kayu ini anti semut dan bila sudah tidak digunakan bisa diambil ekstraknya untuk bahan baku wewangian.

Bila ingin menikmati laut dan bukit secara bersamaan, harus berkunjung ke Toucheng. Toucheng terkenal dengan pulau Guishan atau pulau kura-kura, satu-satunya pulau vulkanik aktif di Taiwan dan menjadi tempat melihat paus dan lumba-lumba Samudra Pasifik. Museum Lanyang yang memperlihatkan sejarah budaya Toucheng. Toucheng old street yang dibangun di masa dinasty Qing dan sempat terbengkalai karena banjir di tahun 1878 dan Toucheng Leisure Farm.

Touching Leisure Farm adalah komplek pertanian terpadu dengan kepemilikan tunggal. Letaknya tersembunyi di balik pegunungan hijau, namun hanya beberapa menit dari pantai.Touching Leisure Farm sangat ramah untuk wisatawan muslim. Restauran menyediakan menu makanan halal, memisahkan area makan dan alat makan khusus pengunjung muslim. Tamu yang datang tidak hanya menjadi wisatawan pasif, karena ada begitu banyak kegiatan yang penuh edukasi di kelas-kelas terbukanya. Karena datang saat hari hampir gelap, saya ketinggalan kegiatan menanam padi secara tradisional, berjalan melewati hutan bambu organik dan berinteraksi dengan hewan ternak. Tetapi saya masih dapat mengikuti kelas membuat pizza topping sayuran segar langsung petik dari kebun sayur organik yang dibakar di oven batu, mengecat kaos/tas menggunakan daun yang dicelupkan cat hingga menerbangkan lampion berisi doa.

 

Naskah: Pipit Pianita

Tags:
Leave a Comment