Dari Coretan Anak Kecil Jadi Desain Tas Unik

  • Home
  • Produk
  • Dari Coretan Anak Kecil Jadi Desain Tas Unik

Foto: TJ dan koleksi Gembira

Siapa sangka coretan anak berusia tiga tahun bisa menjadi desain tas yang menarik? Itulah yang terjadi pada Gembira Bag, brand tas terbaru yang diproduksi di Yogyakarta.

Bermula dari kenyataan bahwa buah hatinya pandai melukis, membuat Rika Harjosuwarno Avgoustinou beride untuk memproduksi tas. “Awalnya saya melihat lukisan anak saya, Andriana,  kok bagus-bagus.  Abstrak sih, tapi dengan perpaduan warna yang bagus,” kisah Rika Harjosuwarno Avgoustinou, ibunda Andriana Avgoustinou (3 tahun).

Baca: Destinasi Baru Di Yogyakarta: Toko Tas Gembira

Awalnya, Kika, demikian panggilan akrab Rika, belum terpikirkan mau diapakan hasil lukisan anaknya yang bagus-bagus ini, apakah dibingkai atau yang lainnya. “Pokoknya semuanya saya kumpulkan dan lama-lama jadi banyak dan semuanya bagus-bagus.”

Bekerjasama dengan teman masa kecilnya, Puspitasari, yang sudah lama berkecimpung di dunia pengrajin, Kika kemudian terpikirkan membuat tas. Riset serius kemudian dilakukan untuk mendapatkan material, teknologi mencetak hasil karya lukisan di atas bahan membuat tas, serta tempat-tempat pembuat pelengkap tas seperti retsleting, pengait, kulit dan sebagainya.

Baca: Toko Tas Gembira dalam Bangunan Joglo Warna-Warni

Selain bahan yang menggunakan material khusus bergambar lukisan Andriana, Kika dan Puspitasari yang juga dipanggil Kika menciptakan desain-desain tas yang khas. Pada saat peluncuran perdananya, Minggu (16/12) di Yogyakarta, dilontarkan sebanyak 13 desain tas dengan nama-nama khas seperti Kukla, Olakala, Agapi dan sebagainya yang diambil dari kata-kata positif bahasa Yunani, seperti kebangsaan ayah Andriana, atau suami Kika, Nikolas Avgoustinou.

“Kukla itu artinya cantik, Agapi itu sayangku, Olakala itu semacam oke atau semuanya berjalan dengan baik. Lalu kami juga menamai seperti nama-nama perempuan Yunani seperti Evi, Nana, dan Irini,” ungkap Kika.

Nama memang menggunakan bahasa Yunani, namun Gembira Bag banyak unsur Indonesianya, terutama pada pilihan warna lukisan Andriana, menurut Kika itu “Indonesia Banget”. Selain itu di setiap tas, Kika menggunakan lambang burung Rangkong sebagai ciri khas. “Burung Rangkong itu asli Indonesia, bersimbol burung yang setia pada pasangan serta sebagai indikator bahwa alam di sekitar burung tersebut seimbang,” jelas Kika.

Baca: Posong, Wisata Alam Instagenic dari Temanggung

Kini Gembira Bag sudah bisa kita dapatkan melalui berbagai sistem penjualan, membeli langsung di toko maupun secara online. Tokonya berada di Jalan Mangga, Maguwoharjo, Yogyakarta, yang merupakan cabang jalan Adi Sucipto, yaitu jalan raya menuju bandara Adi Sucipto. Gembira Bag dijual dengan harga terjangkau dan kualitas baik serta desain yang menarik, seharga Rp 250.000 hingga Rp 900.000. Berbagai desain tas bisa dilihat di instagram @gembirabag.

 

Naskah: TJ Oetoro

 

Tags:
Leave a Comment