Tema Industrial pada Hunian Vertikal

Foto: Yudi DH.

SVE Interior merancang interior pada unit apartemen dua kamar tidur untuk klien mereka di Jakarta. Sang klien yang seorang lajang ingin tinggal di dalam ruang bergaya modern dengan sentuhan gaya industrial. Ivan Dharmadi, principal dari SVE, meresponnya dengan menghadirkan dinding ‘beton’ dan mengekspos dinding batu bata. Sedikit perubahan layout ia lakukan pada bagian dapur.

Unit ini dimulai dengan foyer di bagian depan lift. Ivan memberi sedikit dekorasi pada dinding foyer untuk memberi pengenal bagi unit ini. Penghuni punya kebutuhan untuk menjamu rekan dan keluarga yang datang berkunjung sehingga ia meminta Ivan untuk merancang layout yang terbuka. Ivan menghilangkan dinding pembatas antara dapur kotor dan dapur bersih untuk mendapatkan ruang yang lebih luas. Istilah dapur kotor dan dapur bersih umum untuk hunian di Indonesia yang membedakan dapur ‘operasional’ dan dapur yang ‘layak’ diperlihatkan kepada tamu. Living room, dining room, dan dapur kini berada pada satu area. Dapur kecil ini sudah cukup mengakomodasi kebutuhan klien untuk menyiapkan makanan yang ringkas.

Dinding ‘beton’ dan ekspos batu bata dipilih sebagai cara untuk menghadirkan tema modern dan industrial pada ruangan. Namun karena unit apartemen ini bagian dari konstruksi yang sama dengan hunian lain di atas dan bawahnya, dinding beton sungguhan tidak mungkin digunakan. Dinding yang terlihat seperti semen atau beton sebenarnya lapisan GRC yang diberi finishing khusus oleh Ivan.  Dinding berwarna abu-abu ini menampilkan kesan bersih dan netral. Dinding dengan tampilan batu bata merah dibuat pada dapur dan ruang makan. Tentu bukan batu bata sungguhan, karena akan menambah beban bagi konstruksi menara apartemen.

Ivan sudah merancang untuk mengganti lantai dengan semen agar tema industrial lebih terasa. Namun klien merasa sayang untuk membongkar lantai marmer yang sudah ada. Beruntung marmer ini berwarna putih sehingga masih bisa terlihat netral. Sementara pada sebagian lantai dapur, Ivan memasang lantai dengan motif berbeda sebagai aksen.

Tidak perlu banyak kamar, klien minta satu kamar diubah menjadi ruang kerja. Ivan memasang dinding kaca sehingga ruang kerja ini transparan dan berkesan modern. Kamar tidur yang cukup luas dibagi menjadi tiga bagian; area tidur, ruang duduk, dan kamar mandi. Klien yang seorang fotografer bawah laut ini memilih Eames Lounge Chair sebagai teman membacanya. Lihat foto lengkapnya di sini.

 

Naskah: Donny Amrin

Tags:
Leave a Comment