The Wave Ikon Baru Vejle

Foto: Jacob Due.

Dengan rendah hati Henning Larsen Studio memposisikan karya mereka, The Wave, sebagai tambahan/kelanjutan dari alam sekitarnya. Sebuah persembahan arsitektur untuk identitas lokal Vejle di Denmark, yaitu alamnya yang berbukit-bukit. Setelah sempat tertunda akibat krisis ekonomi global 2008, The Wave akhirnya selesai dengan kelima menaranya.

The Wave adalah konstruksi seluas 14.000 meter persegi yang menampung lebih dari 100 apartemen sebagai hunian warganya. Dimulai sejak 2006, The Wave dirancang sebagai lima menara berulang membentuk ombak, berbaris sepanjang garis pantai teluk Vejle.

The Wave menampung lebih dari 100 apartemen sebagai hunian warganya (Photography by Jacob Due).

Dua tahun kemudian proyek terhenti karena Denmark juga terdampak krisis ekonomi sebagaimana kebanyakan negara di dunia kala itu. Hanya dua menara yang selesai dibangun. Keduanya berdiri tanpa teman nyaris sebelas tahun, hingga menara kelima selesai pada November lalu.

Warga bersepeda menikmati suasana tepi laut di depan The Wave. (Photography by Jacob Due).

The Wave rancangan Henning Larsen Studio ini dan dengan cepat menjadi simbol baru kota Vejle. Dermaganya ramai digunakan warga untuk beragam aktivitas dan kegiatan komunitas. Bagi para arsitek Henning Larsen Studio, kawasan pelabuhan dengan latar belakang alam perbukitan di Vejle ini adalah satu-satunya tempat di dunia yang cocok bagi The Wave. Lihat foto lengkapnya di sini.

 

Naskah: Donny Amrin

Tags:
Leave a Comment