Pisau yang Tajam, Itu Penting Banget!

  • Home
  • DIY
  • Pisau yang Tajam, Itu Penting Banget!

Foto: Chicagotribune.

Athome.id РHal paling menyebalkan bagi ibu-ibu penyuka memasak, adalah jika pisau ternyata tumpul saat akan digunakan. Karena dalam kegiatan memasak sehari-hari, pisau termasuk dalam kategori benda vital. Karenanya memang kita harus jadwalkan secara rutin untuk mengasahnya agar selalu tajam saat kita memerlukannya.

Sudut yang Tepat
Pinggiran (bevel) pisau yang dijual di pasaran umumnya 15 atau 20 derajat. Itulah kemiringan yang tepat saat kita akan mengasah pisau. Semakin sempit sudutnya, akan semakin tajam bilah pisaunya.

Youtube/howdini

Pengasah alternatif
Tidak punya alat pengasah pisau? Manfaatkan pinggiran mug atau piring bagian bawah yang permukaannya kasar. Piring atau mug yang terbuat dari porselen ya. Pegang pisau dengan kemiringan 15 derajat, lalu asah dengan sedikit penekanan ke satu arah. Lakukan berulang hingga bilah pisau terasa tajam.

Tes ketajaman
Setelah kita mengasahnya, pastikan ketajamannya sudah tercapai seperti yang kita inginkan. Ada cara sederhana untuk menguji apakah pisau yang kita asah sudah tajam atau belum. Ambil koran atau kertas biasa, lalu potong menggunakan pisau dalam posisi gerakan dari atas ke bawah. Jika kertas terpotong mulus, itu pertanda pisau sudah tajam. Sebaliknya, jika tersendat, maka perlu dilakukan pengasahan ulang.

Tags:
Leave a Comment