Warna dan Pola Sederhana Klinik Anak di Kiev Rancangan Ater Architects

  • Home
  • Inspirasi
  • Warna dan Pola Sederhana Klinik Anak di Kiev Rancangan Ater Architects

Foto: Alexey Yanchenkov.

Athome.id – Sepertinya Ater Architects tidak merasa perlu ‘memanggil’ tokoh-tokoh animasi untuk menghiasi dinding ruang klinik anak-anak yang mereka rancang. Ater Architects lebih memilih menggunakan warna-warna cerah dan bentuk geometris sederhana dalam desain mereka, untuk membuat ruang yang nyaman bagi anak-anak. Klinik bernama Doctor U ini berada di sebuah komplek hunian di kota Kiev, Ukraina.
Klinik Doctor U ini tidak besar, hanya 38 meter persegi yang terbagi menjadi ruang tunggu, dua ruang periksa pediatrik, dan kamar kecil. Warna biru cerah, warna coral, dan warna-warna putih berpadu dengan tekstur teraso dan kayu. Layout ruangan dibuat dengan alur yang jelas agar kegiatan berlangsung dengan cepat dan mudah. Termasuk soal privasi yang menjadi fokus utama agar setiap pasien mendapatkan pendekatan personal pada setiap pelayanan, antrian, hingga sekadar perasaan nyaman. Ruang tunggu dirancang untuk mengakomodasi, paling banyak, dua pasien secara bersamaan. Ada meja penerima dan lemari pakaian berukuran kecil.

Seluruh peralatan dan perlengkapan medis tersimpan rapi di balik lemari-lemari penyimpanan sehingga ruang pemeriksaan tidak beda dengan ruangan biasa.

Agar para pasien kecil mereka punya kesan dan pengalaman yang positif terhadap kunjungan ke dokter, Ater Architects mendesain interior yang tidak akan meninggalkan kenangan buruk. Seluruh peralatan dan perlengkapan medis tersimpan rapi di balik lemari-lemari penyimpanan sehingga ruang pemeriksaan tidak beda dengan ruangan biasa. Atmosfer non-medis ini diyakini bisa mengurangi tekanan kepada pasien, membuat mereka lebih rileks.

Setiap ruang ini juga dilengkapi dengan lemari pendingin yang tertanam di ruangan, untuk menyimpan obat-obatan dan vaksin-vaksin. Dinding-dinding ruang diseragamkan dengan panel-panel kayu yang tidak tinggi, tidak sampai ke ceiling. Skala tersebut sengaja dirancang oleh Ater Architects demi menghasilkan ruang yang lebih intim untuk pasien-pasien kecil klinik Doctor U. Kayu juga dipilih karena punya kesan yang hangat untuk ruangan.

Kamar kecil dirancang untuk anak-anak berbagai umur, termasuk bayi.

Dinding-dinding kaca yang membatasi antar ruang memungkinkan cahaya alami masuk ke dalam. Lantai vinyl dipilih karena alasan keselamatan dan kebersihan karena mudah dibersihkan. Kamar kecil dirancang untuk anak-anak berbagai umur, termasuk bayi. Ada babycare mat, meja wastafel dengan dua cermin yang berbeda ketinggian. Semua perlengkapan kebersihan personal bagi pasien pun tersimpan rapi di dalam lemari tanam di belakang toilet. Lihat foto lainnya di sini.

 

Naskah: Donny Amrin

 

 

Tags:
Leave a Comment