Arsitektur Modern Beratap Pelana di Rumah Kantor Maria Fradinho

  • Home
  • Inspirasi
  • Arsitektur Modern Beratap Pelana di Rumah Kantor Maria Fradinho

Foto: Maria Fradinho.

Athome.id – Arsitek asal Portugal pendiri biro arsitektur FRARI, Maria Fradinho, merancang-bangun kantor sekaligus rumahnya sendiri di atas lahan seluas 940 meter persegi. Bangunan dengan arsitektur modern ini berlokasi di Ilhavo, Portugal. Terkesan tertutup di depan, bangunan ini menyajikan keterbukaan di bagian belakangnya.

Maria Fradinho terinspirasi dari industri porselen yang berkembang di wilayah tersebut. Ia merancang bangunan dengan atap pelana runcing dengan material mengkilap pada sisi luar rumah. Ketinggian fasad bangunan berarsitektur modern ini juga dibuat tidak jauh beda dengan rata-rata ketinggian bangunan di sekitarnya. Bagian depan ini terlihat seperti gapura/gerbang karena terpisah dengan massa bangunan yang sedikit mundur ke dalam.

Pintu masuk utama dan garasi mobil berada di kedua sisi fasad. Pintu masuk tersebut dirancang seperti ‘kotak kayu kecil’, ruang mungil yang memberi perasaan intim dan diterima. Namun suasana berubah seketika begitu kita sampai ke ruang dalam.

Maria membuat ruang tengah dengan ketinggian nyaris tiga lantai, serta view ke taman belakang yang luas. Peralihan dari ruang publik ke ruang privat begitu terasa. Living room merupakan pusat dari rumah ini. Layout-nya yang begitu terbuka memungkinkan penghuni bisa melihat ke seluruh ruangan lain.

Seluruh dinding bagian belakang menggunakan kaca sehingga living roomdi lantai bawah dan kamar-kamar tidur di lantai atas selalu mendapat cahaya alami di siang hari. Penghuni juga tidak akan kehilangan ‘koneksi’ perasaan dengan ruang luar walau mereka berada di dalam ruang. Untuk foto lebih lengkap lihat tautan ini.

 

Naskah: Donny Amrin

Tags:
Leave a Comment