Interior Modern Kantor Expensify di Dalam Gedung Bersejarah Portland

  • Home
  • Inspirasi
  • Interior Modern Kantor Expensify di Dalam Gedung Bersejarah Portland

Foto: Garrett Rowland.

Athome.id – ZGF Architects memberi kejutan kontras pada sebuah kantor di Portland, Amerika Serikat. Bangunan tua dari tahun 1916 yang menjadi landmarknasional, First National Bank Building, kini punya interior baru yang sangat modern. ZGF Architects merancangnya untuk Expensify, perusahaan pengembang perangkat lunak yang menempati gedung tersebut.

Sebagai bangunan bersejarah yang menjadi aset nasional, Expensify hanya boleh menyewa gedung yang dirancang oleh Coolidge and Shattuck ini. ZGF Architects dan Expensify harus mempertimbangkan status sewa tersebut dalam melakukan intevensi desain terhadap bangunan penting ini. Karena itu ruang-ruang disusun bersifat terbuka dan dinamis, agar bisa menyesuaikan dengan batasan-batasan fisik dari bangunan asli.

Mereka kemudian memadukan sisa-sisa masa lalu itu dengan unsur-unsur modern. ZGF Architects juga bekerjasama dengan Expensify untuk mewujudkan interior dengan konsep yang mereka inginkan, sebuah lingkungan kerja yang bertema “choose-your-own-adventure” (pilih sendiri petualanganmu). Tidak ada tempat duduk pribadi, semua karyawan bebas memilih tempat mereka bekerja. Keberhasilan konsep ini pernah mereka rasakan pada masa awal perusahaan berdiri. Kala itu banyak karyawan mereka  yang memilih bekerja di keda-kedai kopi. Setelah kantor di San Fransisco menerapkan konsep open seating, para karyawan pun kembali memilih bekerja di kantor.

Pada bagian tengah gedung terdapat atrium luas dengan skylight di atasnya, kolom-kolom klasik yang menjulang, detail-detail art-deco, serta ruang brankas bank yang besar. Serangkaian konstruksi tangga baru dibuat untuk menghubungkan berbagai tingkat lantai. Ada dua kotak kaca yang seolah mengambang mengapit salah satu tangga. Kotak-kotak ini berisi ruang konferensi. Di atas kotak-kotak itu ada dak terbuka yang berfungsi sebagai area kerja.

Fitur serunya terletak di bagian bawah salah satu kotak. Ada area kerja berbentuk kursi ayun untuk posisi kerja bersandar dan lebih santai. Beragam ruang lain tersebar pada dua tingkat lantai di atrium, serta sebuah lantai mezzanine. Di lantai utama, ZGF Architects membuat ‘living room’ lengkap dengan kursi-kursi ottomans, dapur yang tidak pernah kehabisan stok cemilan, serta teh kombucha siap minum.

Ruang kerja terbuka dengan furnitur utama meja kayu sepanjang 12 meter menjadi meja kerja bagi siapapun yang memerlukannya. Meja ini diperkuat dengan kuningan pada bagian dalamnya.

Suasana lebih tenang terasa di lantai tiga. ‘Kampung’ kayu Oak dirancang dengan bentuk yang mengingatkan pada teknik dan gaya bangunan skandinavia. ‘Rumah-rumah kayu’ ini berfungsi sebagai ruang kerja untuk mereka yang perlu lebih fokus berkonsentrasi atau menerima panggilan telepon pribadi. Lihat foto lebih lengkap di tautan ini.

 

Naskah: Donny Amrin

Tags:
Leave a Comment