Hindari Kebocoran Atap dengan Genteng Keramik yang Tepat

  • Home
  • Produk
  • Hindari Kebocoran Atap dengan Genteng Keramik yang Tepat

Foto: Didan S.

Athome.id – Musim penghujan kerap menjadi masalah pada atap rumah. Terutama area atap yang membutuhkan perlakuan khusus, seperti sambungan, wuwungan atau karpusan, talang, dan lainnya. Pada kasus tertentu, atap yang bocor bisa disebabkan pilihan genteng yang tidak tepat, cara pasang yang salah, kualitas genteng yang tidak bagus atau aplikasi pendukung yang kurang berkualitas.

Di pasaran terdapat bermacam jenis penutup atap, mulai dari yang berbahan beton, asbes, aspal hingga metal. Material tersebut memiliki kekurangan tersendiri dari aplikasi, estetika, hingga pengaruh ruang di bawahnya. Kanmuri, salah satu penyedia genteng keramik berglazur memiliki nilai lebih saat teraplikasi pada atap rumah.  Selain secara estetika lebih menarik, kebocoran yang kerap terjadi pun bisa dihindari.

“Masalah bocor pada atap disebabkan kualitas genteng atau pilihan penutup atap yang tidak berkualitas dan tahan lama. Genteng yang dianggap mahal, justru bisa lebih efisien di kemudian hari, karena rumah terhindar dari bocor yang merusak secara perlahan dari tahun ke tahun. Jika terus menerus maka ruang di bawah atapnya akan mengalami kerugian yang jauh lebih besar. Perlu dicatat bahwa genteng hanya memakan biaya satu persen dari biaya membangun rumah,” jelas John Chang, General Manager PT Satya Djaya Raya Trading Coy, distributor utama Kanmuri.

Menurut John, terdapat 4 hal yang harus diperhatikan dalam memilih atap rumah yang baik. Pertama, fungsi atap, secara fungsional tidak bocor, sebagai peredam panas, dan tahan terhadap pergantian cuaca ekstrem. Kedua, estetika, yakni harus memenuhi unsur keindahan dan mendukug konsep arsitektur, baik secara warna maupun saat genteng terpasang harus rapi. Ketiga, presisi pemasangan,  genteng yang baik memiliki akurasi presisi yang tinggi, pemasangan mudah, terlihat rapi, sehingga dapat mempermudah tukang. Keempat, baik terhadap kesehatan, jenis atap tertentu menggunakan bahan yang bisa merugikan kesehatan karena terpapar sinar matahari terus menerus yang menyebabkan debu.

Kanmuri mengenalkan genteng keramik breathable roof atau atap bernafas, membantu sirkulasi udara sisa pembuangan dari aktivitas rumah. Selain itu, Kanmuri juga mengenalkan sistem pemasangan tanpa semen atau cement free. Penggunaan semen pada area karpus nok akan berisiko terjadi retakan yang bisa menyebabkan kebocoran. Untuk itu, Kanmuri memberi solusi mengatasi masalah ini dengan adanya konsep cement free pada pemasangan genteng area karpus nok.

 

Tags:
Leave a Comment