Menakjubkan ! Vila Tropis di Tepi Pantai Sri Lanka

  • Home
  • Travel
  • Menakjubkan ! Vila Tropis di Tepi Pantai Sri Lanka

Foto: Norm Architects.

Athome.id – Sebuah vila tepi pantai bersarang di antara lebatnya pepohonan tropis Sri Lanka. Norm Architects dan AIM Architecture memang merancang vila berarsitektur tropis ini agar menyatu dengan lingkunan sekitarnya. Pemakaian material alami dan bukaan-bukaan lebar menjadi cara yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut.

Vila eksklusif ini terdiri dari dua massa bangunan. Bangunan di sisi Timur berada di bagian lahan berbukit yang menghadap ke pantai, bangunan lainnya terselip di tengah rimbunnya pepohonan. Komposisi kedua massa membentuk huruf L yang menghasilkan area terbuka di bagian tengah yang diisi dengan taman dan kolam. Tipologi arsitektur bangunan yang menyerupai lumbung, memudahkan vila dengan arsitektur tropis ini membaur dengan lingkungannya.

Material yang digunakan juga diambil dari wilayah sekitarnya. Kayu jati lokal, terazzo, fasad dari semen, serta batu granit yang digunakan pada area outdoor. Atapnya ditutup dengan genteng dari hasil daur ulang ubin terakota yang menghasilkan tampilan bertekstur yang natural.

Konsep menyatu dengan alam bukan hanya diterapkan pada arsitektur bangunan vila. Tamu pun dibuat bisa merasakan hal tersebut melalui rancangan transisi lembut antara ruang dalam dan luar. Living room dan dining room berada di teras terbuka yang menghadap ke pantai.

Pintu-pintu yang lebar siap menguak taman tropis di baliknya. Semua daun jendela dibuat dari kayu, menghindari penggunaan kaca.  Atap kedua bangunan juga dirancang lebar untuk melindungi ruang-ruang terbuka di bawahnya. Para tamu pun bisa nyaman menikmati suasana terbuka yang menyatu dengan alam, tanpa terganggu hujan dan panas matahari.

Ruang-ruang privat seperti kamar tidur dirancang dengan dekorasi interior minimal, agar orientasi para tamu lebih tertuju kepada suasana alam di sekitar vila.

Dua kamar mandi terhubung langsung dengan taman privat, untuk menciptakan sensasi mewah mandi di tengah alam terbuka. Interior vila diisi dengan furnitur bergaya modern yang dibuat khusus. Bentuk-bentuk modern minimalis tersebut menyatu dengan furnitur antik lokal sehingga menghasilkan suasana khas yang orisinil. Orisinalitas yang menurut kami menjadi nilai kemewahan vila tropis ini. Foto selengkapnya ada di sini.

 

Naskah: Donny Amrin

Tags:
Leave a Comment