Kecerdasan Buatan (AI) dan IoT Warnai Produk Pintar LG di 2019

  • Home
  • Produk
  • Kecerdasan Buatan (AI) dan IoT Warnai Produk Pintar LG di 2019

Foto: dok. LG Electronics Indonesia

Siap-siap menyambut hadirnya peralatan elektronik rumah tangga pintar yang membuat suasana rumah semakin nyaman, karena teknologi Artificial Intelligence (AI) dan Internet of Things (IoT) mewarnai seri LG ThinkQ, jajaran produk premium terbaru dari LG Electronics Indonesia di 2019. “Interaksi lebih baik, peningkatan kenyamanan yang tak sekedar kayanya fitur serta memastikan penggunaannya dalam jangka panjang merupakan warna utama koleksi produk LG di tahun ini,” ujar Seungmin Park, President Director LG Electronics Indonesia pada Kamis (11/4) di Hotel Fairmont, Jakarta.

Menjadi solusi atas tuntutan kendali perangkat elektronik di rumah yang terus menguat di tengah gaya hidup dengan mobilitas tinggi, LG ThinQ memungkinkan interaksi pengguna dan produk elektronik miliknya, melalui aplikasi smartphone, dengan akses pada berbagai pengaturan terkait. Pada perangkat TV, dengan pengembangan Artificial Intelligence yang meningkatkan kemampuan visual dan audio dalam membawa kualitas hiburan lebih baik di tengah keluarga. Adalah Alpha 9 Gen 2 yang dibenamkan pada NanoCell TV, teve Ultra HD terbaru dari LG. Dengan sensor khusus, prosesor mampu mengukur tingkat pencahayaan ruang sebagai dasar mengoptimalkan kecerahan layar dan perbaikan detail gambar pada bagian yang dibutuhkan. “Kemampuan ini memastikan mata menangkap berbagai tayangan dengan nyaman pada kondisi pencahayaan yang berubah-ubah,” ujar Julius, Head of Product Marketing Home Entertainment LG Electronics Indonesia. Inovasi lapisan khusus pada NanoCell TV akan menyerap kelebihan pancaran gelombang warna sehingga TV mampu menghasilkan warna sesuai konten asal.

Pada perangkat elektronik rumah tangga, diantaranya perhatian pada faktor kesehatan seiring dengan solusi operasional lebih hemat waktu, energi dan ramah lingkungan. “Memastikan penggunaan dalam waktu panjang, tak hanya bicara soal ketahanan produk. Namun melengkapinya pula dengan berbagai fitur masa depan yang memastikannya relevan untuk menjawab pergerakan teknologi,” ujar Jay Jang, Head of Marketing LG Electronics Indonesia.

Di kategori AC, dukungan LG ThinQ dimiliki model Deluxe (P10RV3 & P13RV3) dan Smart Big Capacity (E13SIV4 & E19SIV4). Dukungan kepintaran ini membuat pengguna dapat mengendalikannya dari jarak jauh melalui keterhubungan dengan WiFi router. Melalui unduhan aplikasi pada smartphone, pengguna dapat memilih kendali seluruh AC di rumah dari satu smartphone ataupun sebaliknya. Bicara soal kendali, tak sekedar mengaktifkan atau mematikannya. Namun juga mencakup pengaturan berbagai fitur di dalamnya. Termasuk kendali pada fitur istimewa bernama Watt Control yang memberikan penggunanya fleksibilitas pengaturan daya listrik (watt) 100%, 80%, 60% hingga hanya 40% kebutuhan listrik seharusnya.

Dukungan LG ThinkQ pada mesin cuci  terbaru, TurboWash 3D dan TwinWash, menjadi solusi tepat untuk pekerjaan rumah tangga yang membutuhkan waktu cukup lama. LG ThinQ mengambil alih mulai dari fungsi dasar hingga pada kebutuhan perbaikan.  Fungsi dasar dimaksud yaitu untuk mengaktifkan dan mengetahui proses pencucian selesai, dapat dilakukan melalui smartphone dengan keterhubungan WiFi. Selain itu, pengguna pun dapat memonitor penggunaan listrik mesin cuci. Sementara di sisi lain, fitur Smart Diagnosis™ di dalam LG ThinQ membuat penggunanya dapat memperoleh bantuan cepat untuk beberapa masalah operasional mesin cuci tanpa perlu lagi menunggu jasa layanan perbaikan. Setelah mengaktifkan menu pada aplikasi, pengguna cukup mendekatkan smartphone pada bagian tubuh mesin cuci yang bertanda khusus. Setelah beberapa saat, informasi mengenai diagnosis masalah dan solusi terpampang pada layar smartphone. “Bahkan untuk permasalahan kecil, solusi yang diberikan memungkinkan pengguna untuk melakukan perbaikan mandiri. Mengurangi kemungkinan waktu mencuci yang tertunda sekaligus biaya yang harus keluar untuk memanggil layanan perbaikan,” ujar Rumbi Simanjuntak, Head of Product Marketing Home Appliance PT LG Electronics Indonesia.

Dukungan LG ThinQ pada lemari es, ada di seri premium LG Black Series yang tak hanya  pintar tapi juga tampilannya elegan. ThinkQ membuat pengguna dapat melakukan pengaturan suhu dari perangkat smartphone. Di bagian lain, fitur unik Smart Diagnosis™ pun turut melengkapi keberadaan LG ThinQ. Alih-alih memanggil layanan purna jual dan perbaikan yang memerlukan waktu tunggu, fitur Smart Diagnosis™ akan membuat pengguna dapat mengenali penyebab gangguan pada kulkas LG Black Series miliknya. Malahan, fitur ini akan memberikan solusi perbaikan mandiri untuk beberapa gangguan ringan. Kulkas LG Black Series tersedia dalam varian Matte Black Steel, Black Glass, dan Black Steel.

Sebagai penutup, Jay Jang, Head of Marketing LG Electronics Indonesia mendemokan bagaimana seluruh perangkat elektronik rumah tangga seperti televisi, kulkas, AC, dan mesin cuci, bisa ia kendalikan melalui ponsel pintar melalui aplikasi LG SmartThinkQ. Tak hanya mengaktifkan dan menonaktifkan, tapi juga bisa mengatur fitur-fitur pengoperasian di masing-masing peralatan elektronik rumah tangga tersebut. Misal, mengatur suhu pada AC dan memilih siklus pencucian sesuai jenis pakaian di mesin cuci. Sangat mengesankan!

 

 

 

Tags:
Leave a Comment