9 Hunian dalam Bangunan Beton di Zurich

Foto: Bruno Helbling.

Athome.id – Sembilan unit hunian dengan harga terjangkau berdiri di tengah kota Zurich, Swiss. Arsitek Gus Wüstemann mengemas dua tipe luas hunian dalam sebuah bangunan berbentuk kotak beton masif yang dikelilingi oleh komplek perumahan lama dari tahun 50-an dengan taman-tamannya yang luas. Klien secara spesifik meminta hunian tengah kota dengan ruang-ruang berkualitas dan harganya terjangkau. Untuk itu Gus Wüstemann fokus pada desain untuk menghadirkan pencahayaan alami, privasi, dan kekayaan pengalaman ruang, yang biasanya sulit didapat pada hunian murah.

Bangunan tidak berbentuk kotak simetris. Denahnya berbentuk trapesium. Beton berlapis ganda yang ramah lingkungan dianggap pilihan material terbaik bagi proyek, karena dinilai ekonomis, sehingga bangunan tidak memerlukan lagi pelindung fasad atau pleseteran sekalipun. Ada dua tipe luas unit hunian, 60 dan 90 meter persegi. Keduanya punya kamar tidur dan living room dengan layout terbuka. Dapur mungil juga tersedia untuk memenuhi kebutuhan penghuni. Para penghuni apartemen berbagi teras di atap bangunan sebagai ruang interaksi bersama.

Sang arsitek membuat desain yang memaksimalkan pemanfaatan cahaya alami, mengutamakan privasi, serta kualitas ruang yang biasanya tidak didapat pada hunian bagi kalangan berpenghasilan rendah. Ruang keluarga membentang seperti jembatan, mengarah dari Timur ke Barat, dari matahari pagi hingga matahari sore. Tidak seperti kita di wilayah tropis yang menghindari bukaan di sisi Barat dan Timur, di Swiss justru memanfaatkan hal tersebut.

Instalasi teknis bangunan memang menggunakan standar minimum di negeri ini untuk menekan biaya. Namun kompensasinya hadir melalui ruang-ruang berkualitas yang hanya bisa dirasakan oleh orang yang tinggal di dalamnya. Lihat foto lebih lengkap di sini.

 

Naskah: Donny Amrin

Tags:
Leave a Comment