Toto By Hayon

Toto menggandeng Jaime Hayon. Seorang designer sekaligus seniman yang pernah dinobatkan sebagai salah satu dari 100 desainer paling relevan saat ini. Majalah Wallpaper bahkan mencantumkan namanya sebagai desainer paling berpengaruh. Desainer dengan kemampuan pengrajin (artisan skills) yang selalu berhasil mendorong batas media dan fungsi untuk menghasilkan koleksi dan karya yang beragam. Cintanya pada konservasi keterampilan kerajinan, ia padukan bersama pengalaman desain. Karena itulah ia banyak bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan tradisional kelas atas untuk karya desain tak lekang. Termasuk TOTO
“Dunia Desain telah mengenal Gaya desain Hayon yang riang dan gembira. Ia adalah desainer yang memiliki rasa hormat yang tinggi terhadap keterampilan kerajinan. Hayon telah bekerja dengan sederetan produsen keramik, kaca, marmer, kayu, dan lainnya di dunia, untuk menciptakan perabotan-perabotan dekoratif, dan perangkat penerangan. Desain interiornya yang memukau telah menghiasi hotel dan museum dengan ruang-ruang yang mencerminkan kosmos dunia Hayon yang elegan dan luas. Kolaborasi adalah sesuatu yang ia jalani dengan penuh semangat, Hayon menciptakan sebuah dialog visual baru yang memadukan keahlian dan tradisi. Hayon menciptakan sebuah mahakarya untuk TOTO,” jelas Tony Suryanto, Marketing Planning Department Manager TOTO.

Berlabel Mahakarya, tidak harus berwujud desain yang megah dan mencengangkan. Karena bagi Hayon, kerjasamanya bersama TOTO adalah untuk menemukan kesederhanaan dari segi desain dan kecanggihan fungsi yang disatukan dalam keselarasan. Hasil penyatuan ini akan menghasilkan karya visual yang dekoratif dan dapat berfungsi secara efisien.

Idealisme Hayon bersatu bersama TOTO dalam beragam produk perlengkapan kamar mandi. Idenya adalah mengembalikan bentuk murni, seperti goresan garis lurus yang kaku, lekukan dinamis yang kadang terlalu membosankan. Namun justru menjadi kedinamisan produk yang bisa menyatu dalam berbagai jenis gaya interior sebuah kamar mandi.
Hayon berhasil menjawab tantang tersebut dalam koleksi wastafel, keran air hingga kaca cermin. Ia berbagi cerita tentang ide, tantangan produksi dan lainnya dalam Press Conference yang diadakan di TOTO Office Building, Jakarta dalam rangka peluncuran koleksi terbaru TOTO By Hayon.
TOTO BY HAYON berbicara tentang desain sanitair yang terkai dengan fungsi tubuh. Terinspirasi dengan lekuk tubuh manusia dalam koleksi penuh ide “penuh dan Kosong”.Ide “penuh” dari bentuk tubuh secara utuh, mencerminkan bentuk dari perabot itu; sementara ide “kosong” yang berasal dari kerangka tubuh, dituangkan dalam perangkat keran dan pipa agar fokus pada elemennya sebagai fungsi.
Naskah: Pipit Pianita

Tags:
Leave a Comment