Vaksinasi Covid-19 Lansia, Pemkot Jakarta Selatan Gandeng Medco

  • Home
  • Inspirasi
  • Vaksinasi Covid-19 Lansia, Pemkot Jakarta Selatan Gandeng Medco

Upaya gencar dilakukan Pemerintah Kota Jakarta Selatan dalam mempercepat program vaksinasi Covid-19 untuk warga lanjut usia (lansia). Selain menyediakan tempat-tempat vaksinasi di berbagai lokasi, mereka, melalui Suku Dinas (Sudin) Kesehatan Jakarta Selatan, juga menggandeng pihak swasta untuk berperan serta. Medco Group menjadi salah satu mitra yang diajak Sudin Kesehatan Jakarta Selatan dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 lansia ini.

Bertempat di Gedung Medco di Jakarta Selatan, kegiatan vaksinasi Covid-19 untuk lansia dijalankan pada 29-30 Maret lalu untuk suntikan pertama. Sedangkan vaksinasi dosis kedua dilaksanakan pada Jumat, (30/4) lalu.  Beberapa pihak seperti layanan aplikasi Alodokter juga berpartisipasi dalam kegiatan ini. Para petugas kesehatan dari Puskemas Pasar Minggu dan Puskesmas Kebayoran Lama menjadi pihak yang melayani kegiatan vaksinasi massal ini.

Kepala Sudin Kesehatan Jakarta Selatan, Muhammad Helmi, mengungkapkan pihaknya memang terus berupaya menyelenggarakan kegiatan vaksinasi Covid-19 di banyak lokasi. Berbagai kegiatan sosialiasi juga terus ditingkatkan agar warga lansia mau menjalankan vaksinasi Covid-19. Tujuannya agar pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk lansia yang beberapa waktu lalu sempat lambat bisa lebih dipercepat. “Kami ajak berbagai mitra untuk jalankan vaksinasi. Kegiatan ini memang menjadi bagian dari program vaksinasi Covid-19 yang kami jalankan untuk lansia di Jakarta Selatan, agar bisa cepat,”jelas Helmi.

Hingga pekan lalu Jakarta Selatan menjadi salah satu kota di Indonesia yang telah berhasil melaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk lansia dengan pencapaian lebih dari 75 persen dari target yang ditetapkan. Ada pun target vaksinasi Covid-19 untuk lansia di Jakarta Selatan adalah 179.249 orang.

Dalam pelaksanaan vaksinasi di Gedung Medco, ratusan peserta datang dari berbagai wilayah di Jakarta Selatan dan wilayah lain. Menurut Indra Nugraha, ketua panitia kegiatan vaksinasi dari Medco Group, pihaknya menyediakan kendaraan penjemput di berbagai titik agar peserta tidak terkendala menuju lokasi kegiatan vaksinasi. “Banyak yang mau mengikuti vaksinasi tapi terkendala transportasi, kita sediakan penjemputan yang nyaman mengingat faktor usia para peserta,” ujar Indra.

Indra melanjutkan kegiatan vaksinasi Covid-19 ini menjadi bagian komitmen Medco Group untuk mendukung upaya pencegahan dan penanggulangan pandemi Covid-19 di Indonesia. “Sebelum ini kami telah memberikan bantuan berupa berbagai alat pelindung diri, alat rapid test, laboratorium untuk swab PCR, hingga mesin cuci infeksius ke berbagai fasilitas kesehatan di Indonesia. Kali ini kami membantu pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk lansia agar bisa lebih cepat dan banyak peminatnya.”

Tags:
Leave a Comment