Athome.id – Kebugaran merupakan salah satu unsur penting dalam peningkatan prestasi atlet. Atlet yang memiliki kebugaran yang baik tidak akan mengalami kelelahan yang berarti, baik dalam setiap latihan maupun dalam pertandingan.

Kebugaran merupakan sisi hulu yang penting dalam mencetak atlet berprestasi. Terdapat berbagai strategi yang harus dilakukan seseorang agar dapat menjaga kebugaran dalam berolahraga hingga mencapai sisi hilir, yaitu menjadi atlet berprestasi.

Dalam mendukung Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, mengatakan, “Dari masyarakat yang bugar diharapkan lahir talenta atlet berprestasi tingkat internasional yang membanggakan bangsa. Desain Besar Olahraga Nasional telah mengatur dari hulu sampai ke hilir, hulunya adalah kebugaran, hilirnya adalah prestasi.”

Hal ini disampaikan Menpora dalam sosialisasi DBON dalam meningkatkan minat masyarakat Indonesia terhadap olahraga dan mendorong prestasi atlet, bekerjasama dengan PT Taisho Pharmaceutical Indonesia (Taisho). “Untuk menciptakan generasi emas olahraga nasional di masa depan, kami mengambil langkah-langkah agar prestasi olahraga nasional dapat meningkat, diantaranya melalui kolaborasi dengan PT Taisho dalam gerakan melakukan sosialisasi mengenai Desain Besar Olahraga Nasional,” jelas Menpora Zainudin Amali.

Regional Commercial Director PT Taisho, Sonny Adi Nugroho, menambahkan, “Taisho menangkap aspirasi dalam membangun sisi hulu Desain Besar Olahraga Nasional, dengan berfokus pada menjaga kebugaran fisik dalam berolahraga, sejalan dengan spirit Counterpain yaitu No Pain No Gain, bahwa prestasi olahraga dapat diraih dengan adanya kesungguhan upaya termasuk dalam menjaga kebugaran secara konsisten.”
“Kebugaran jasmani berarti menjaga tubuh tetap aktif dan bugar, banyak dari kita yang merasa bahwa berolahraga adalah hal yang sangat membosankan. Tapi begitu seseorang terbiasa dengan latihan, maka akan menjadi kebiasaan yang penuh petualangan, menyenangkan dan energik untuk dilakukan,” ujarnya.

Lebih lanjut Sonny Adi Nugroho menekankan pentingnya menjaga kebugaran sebagai sisi hulu dari DBON yakni dengan menjalankan olahraga setiap hari. Olahraga yang sejatinya dilakukan untuk menjaga kebugaran juga bisa berdampak buruk apabila tidak dilakukan dengan benar. Ketika berolahraga, produksi panas tubuh akan meningkat terkait adanya proses metabolisme energi dalam tubuh yang menghasilkan panas. Cuaca yang panas pun ikut andil dalam meningkatkan suhu tubuh. Meningkatnya suhu tubuh selama olahraga berpotensi menimbulkan heat illness dengan gejala seperti heat cramp (kram otot), heat exhaustion (kelelahan), heat rash (muncul ruam merah pada kulit) hingga heat stroke (berkunang-kunang, mual, pusing, kulit dingin namun berkeringat, bahkan pingsan).

Taisho berbagi tips untuk mengatasi Heat Stroke selama olahraga:

1. Minum yang cukup, agar cadangan air dan mineral dalam tubuh yang hilang selama berolahraga dan cuaca panas bisa segera digantikan dengan air minum
2. Gunakan pakaian yang tepat, yang berbahan ringan dan longgar. Jangan mengenakan jaket/pakaian berbahan tebal, maupun pakaian yang gelap karena akan semakin menyerap panas dari lingkungan. Jika perlu, bisa ditambahkan dengan kacamata dan topi ketika matahari cukup terik.
3. Mengoleskan produk berbahan dasar menthol pada kulit untuk memberikan sensasi sejuk mendinginkan agar membantu proses penguapan panas dari dalam tubuh.
4. Lakukan latihan olahraga secara berkala, setidaknya selama satu jam, tidak perlu harus berlari jogging yang berat, tetapi dapat melakukan aktivitas fisik sedang seperti berjalan dengan langkah cepat atau senam ringan.

“Kebugaran fisik bagi tubuh manusia sama dengan penyetelan halus pada mesin, lakukan sesuai potensi kita sebab melibatkan kinerja jantung dan paru-paru, serta otot-otot tubuh. Apa yang Apa yang kita lakukan dengan tubuh kita juga memengaruhi pikiran hingga kualitas tingkat kewaspadaan mental dan stabilitas emosi. Dengan kebugaran yang baik, maka para atlet dapat lebih berprestasi,” tutup Sonny Adi Nugroho.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.