Pameran Crafina 2018 Kembali Digelar

Foto: Dok. Crafina

Keragaman budaya, suku, dan etnik Indonesia sebagai negara kepulauan tercermin dalam keragaman seni dan kerajinan sebagai hasil karya bangsa yang bernilai seni tinggi. Keanekaragaman seni dan kerajinan tersebut, terlepas dari nilai-nilai kearifan budaya lokal yang terkandung di dalamnya, juga menjadi sektor industri unggulan dalam negeri. Dimana produk tersebut menjadi tren positif dan diaplikasikan dalam aktivitas dan gaya hidup sehari-hari khususnya kalangan generasi muda.

Perkembangan produk industri kreatif Indonesia mengalami kemajuan yang sangat signifikan, sehingga menjadi salah satu pemasok devisa dan penggerak perekonomian nasional. Industri ini cukup menarik minat pelaku ekonomi untuk mulai menjajaki prospeknya. Indonesia, sebagai negara yang memiliki sumber daya alam dan sumber daya manusia berkecukupan dan dengan pasar yang cukup menjanjikan baik di dalam maupun luar negeri, menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelaku kreatif untuk terus mengembangkan kreatifitas dan inovasi produknya.

Pameran Crafina kembali diselenggarakan ke-11 kalinya dengan memamerkan produk kerajinan unggulan berbasis bahan baku yang cukup tersedia dan dihasilkan produsen dan perajin dari seluruh Indonesia. Pameran yang diinisiasi Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) bersama Mediatama Binakreasi akan memanjakan para stakeholder industri kerajinan Indonesia dengan showcase produk unggulan sebagai trendsetter Kerajinan Nusantara. Dengan tema “From Natural Resources to Creative Product for Lifestyle“. Pameran ini akan menampilkan berbagai produk kerajinan terbaik persembahan anak negeri, diantaranya produk fashion unggulan meliputi Batik, Tenun, Songket, serta produk kerajinan tangan lainnya seperti aksesoris, perhiasan, perlengkapan dekorasi ruangan dan lainnya.

Crafina akan diresmikan Ketua Umum Dekranas, Mufidah Jusuf Kalla, dan diselenggarakan pada 10 – 14 Oktober 2018 di JCC, Senayan. Lebih dari 400 perusahaan kerajinan Indonesia yang menempati stan di Main Lobby, Plenary Hall dan Assembly Hall. Crafina 2018 diharapkan pelaku industri kerajinan terus mengembangkan ide, kreasi, dan inovasi baru sehingga menghasilkan produk-produk kerajinan yang eksklusif dan memiliki nilai jual tinggi di pasar Internasional agar nantinya industri kerajinan dapat dijadikan sebagai penopang ekonomi rakyat yang senantiasa akan terus tumbuh dan berkembang di masa mendatang.

Crafina 2018 akan dimeriahkan berbagai acara menarik seperti, Komunitas Talk Show & Demo: – Styling Wastra Nusantara bersama Yudha Perdana (textile consultant) – Brewing Kopi Indonesia bersama Ardian Maulana (Direktur iBREW) Workshop: – Daur Ulang Koran Bekas & Daur Ulang Sisa Kain bersama Gawekoe.art – Belajar Membatik bersama Sanggar Batik Kembang Mayang Hiburan: – Pertunjukan kesenian Sumatera Utara dari Dinas Pariwisata Prov. Sumatera Utara – Musik : Kolintang Bapontar – Musik : Orkes Keroncong Swaramangun. Informasi jadwal dan selengkapnya dapat mengunjungi website dan official media sosial Crafina 2018.

Tags:
Leave a Comment