Going East Mengubah Interior Bangunan Ikonik Menjadi Ruang Kerja Bersama

  • Home
  • Inspirasi
  • Going East Mengubah Interior Bangunan Ikonik Menjadi Ruang Kerja Bersama

Foto:  Jeroen Verrecht.

Athome.id – Fosbury & Sons mengubah salah satu ikon arsitektur modern di Belgia menjadi cabang ke dua bagi perusahaan mereka. Perombakan interior pada gedung yang selesai dirancang arsitek Constantin Brodzki di tahun 1970 ini dikerjakan oleh biro desain Going East.

Fosbury & Sons adalah perusahaan penyedia ruang kerja bersama (co-working office). Tidak main-main, perusahaan bentukan Stijn Geeraets, Maarten Van Goold dan Serge Hannecart ini membeli bangunan karya yang pernah menjadi ikon arsitektur modern di Belgia, sebagai cabang kedua mereka. Constantin Brodzki yang merancang gedung ini adalah arsitek kelahiran Roma, Italia, pada1924. Ia dikenal dengan karya-karya arsitektur modern yang melebihi masanya. Tengok saja bagaimana ia memilih menggunakan modul beton-beton melengkung yang belum pernah ada kala itu. Pada tahun-tahun berikutnya barulah bermunculan lusinan gedung kantor lain di Brussels yang mencoba meniru keindahan gedung bekas kantor pusat dari sebuah perusahaan semen ini.

Renovasi yang dilakukan oleh Going East memfokuskan untuk menghasilkan interior yang lebih terasa seperti hotel atau rumah, dibanding kantor.  Koridor-koridor dihilangkan untuk mendapatkan lebih banyak ruang terbuka pada Fosbury & Sons Boitsfort, nama dari cabang kedua co-working space milik Fosbury & Sons ini. Areanya meliputi 7000 meter persegi yang tersebar di tujuh dari sembilan lantai yang ada pada gedung. Tiga lantai tambahan di bawah tanah dibuat untuk area parkir.

Pada lantai dasar Fosbury & Sons Boitsfort ada lobi dengan bar terbuka yang menjadi tempat sempurna untuk bekerja dan bertemu orang-orang di lingkungan yang menyenangkan dan produktif. Ada 15 ruang pertemuan, auditorium berkapasitas 75 kursi, ruang kantor pribadi, ruang kantor bersama, dan sejumlah ruang kerja bersama lainnya.

Ada beberapa konsep ruang kerja yang ditawarkan. Selain ‘Suites’ (ruang kantor pribadi) dan ‘Ateliers’ (ruang kantor pribadi bersama), ada banyak ruang kerja bersama lainnya di seluruh gedung. Sebagian fitur asli dipertahankan dan beberapa tambahan yang benar-benar baru juga dibuat. Elemen-elemen baru ini dibuat khusus dibuat sebagai bagian dari desain, seperti meja marmer, tangga utama dari beton dengan lampu seperti chandelier pada langit-langit void-nya, serta furnitur kayu. Lihat foto lebih lengkap di sini.

 

Naskah: Donny Amrin.

Tags:
Leave a Comment