Sambut Natal, Dapur Mungil Ini Bisa Jadi Inspirasi

  • Home
  • Inspirasi
  • Sambut Natal, Dapur Mungil Ini Bisa Jadi Inspirasi

Foto: Yudi DH

Dapur masa kini bukan hanya sebagai ruang untuk memasak, menyediakan, dan menyimpan makanan. Dapur menjadi tempat aktivitas keluarga untuk masak bersama. Kadang juga sebagai tempat sarapan pagi. Sebagai ruang yang penting, dapur tidak lagi ditempatkan di area belakang. Banyak yang menempatkannya di area tengah. Bahkan, ada yang sengaja menempatkan dapur di area depan, persis setelah pintu masuk utama. Sambut Natal di tahun ini, desain dapur mungil ini bisa dijadikan inspirasi, meski tidak ada ornamen natal yang menghias.

Ukuran ideal dapur paling tidak 3×3 meter, terlepas dari layout yang dipilih, baik model U, L atau linear. Apabila ruang yang dijadikan dapur berukuran mungil, jangan pilih layout model U, karena tidak memungkinkan dan bisa bikin ruang sempit. Yang paling tepat memilih model L atau linear berupak I atau garis lurus.

Sebagai tempat area menyiapkan makanan  dan memasak, dapur amat lekat dengan berbagai sampah dan bau-bauan dari makanan yang dimasak. Untuk itu, dapur harus selalu bersih dan higienis. Setiap kali selesai memasak, seluruh area dapur harus dibersihkan. Sampah-sampah dapur dibuang dalam tempat yang tertutup. Area bak cuci piring juga harus bersih. Dapur yang higienis akan membuat makanan yang dihasilkan menjadi makanan yang sehat. Laci-laci dan tempat penyimpanan segala macam peralatan dapur juga harus higienis. Jangan sampai kuman dan binatang kecil bisa menyusup ke dalam laci hingga membuat piranti makan tidak higienis.

Dapur berukuran mungil, sebaiknya mempunyai jendela ke arah luar, sehingga bau-bauan dan asap dari masakan bisa keluar. Tapi, tak perlu kecil hati jika dapur tidak memungkinkan untuk mempunyai jendela sebagai penghawaan alami. Kita bisa memasang alat cooker hood yang memungkinankan asap dan aroma dapur terhisap keluar.

 

Naskah: Lucky

 

Tags:
Blog Comments

[…] Baca: Sambut Natal, Dapur Mungil Ini Bisa Jadi Inspirasi […]

Leave a Comment