Industri Properti 4.0 dan Keamanan Digital

Foto; Dok.DDPropety

Kita telah menyaksikan lebih banyak perubahan dalam sejarah selama 1-2 dekade terakhir dari yang kita lihat dalam 200 abad terakhir dan akan lebih banyak lagi perkembangan dalam 5-10 tahun mendatang. Masa depan telah dimulai sekarang. Diprediksi 60 persen perusahaan besar akan keluar dari bisnisnya dalam 10 tahun kelak. Bisnis yang dibangun tanpa efisiensi, inovasi, dan keamanan internal didukung oleh manajemen yang tidak beradaptasi dan tidak tumbuh eksponensial akan rentan gagal. Eksponensial adalah ketika perusahaan dapat memberikan kinerja yang 10x lebih baik, bukan hanya 10 persen lebih baik.

Beberapa tahun terakhir ada fenomena industri 4.0, yaitu beberapa perusahaan semut seumur jagung bisa menumbangkan perusahaan gajah, karena perusahaan gajah yang enggan beradaptasi dan juga sistem keamanannya yang lemah. Segala sesuatu yang berbasis informasi valid yang bergerak cepat akan semakin bernilai di pasar. Perusahaan harus fokus pada pengembangan platform keamanan dan strategi dibandingkan produk. Seperti Google dan Apple fokus pada platform sedangkan Blackberry dan Yahoo yang fokus pada produk. Konvergensi pengembangan teknologi eksponensial dan model bisnis lintas industri, seperti Blockchain, Artificial Intelligence, dan Cybersecurity bukan lagi teknologi yang berada di lab, tetapi sudah dikomersilkan luas. Bila manajemen belum menggunakannya, dipastikan perusahaan akan terlibas oleh yang memanfaatkan teknologi tersebut.

Perusahaan gajah untuk tetap bertahan, dan menjaga keamanan data, serta menciptakan pertumbuhan eksponensial setidaknya harus memiliki beberapa dari 10 ide dalam S-C-A-L-E I-D-E-A-S, yaitu Staff on demand (perbandingan karyawan penuh waktu dan kontrak), Community involvement (keterlibatan komunitas), Algorithms (menyesuaikan pengguna dengan perusahaan dan pemberian rekomendasi), Leverage existing assets (memanfaatkan aset di luar tanpa memiliki aset tersebut), Engagement (ikatan untuk mendorong keterlibatan pengguna), Interfaces(memungkinkan untuk terhubung dengan mudah), Dashboards (pemantauan langsung metrik utama), Experimentation (terus beriterasi dan adaptasi), Autonomy (otonomi hingga ke tingkat terendah untuk mengambil keputusan), dan Social (memanfaatkan jaringan sosial).

Revolusi industri tahap keempat saat ini menghadirkan robot otonom, bank data, augmented reality, manufaktur aditif, komputasi awan, cybersecurity, integrasi sistem, dan simulasi yang kesemuanya menciptakan bisnis cerdas yang di dalamnya terstruktur sistem maya yang memantau proses fisik dan pembuatan keputusan yang terdesentralisasi bagi pemangku kepentingan. Melalui sistem cyber dapat berkomunikasi dan bekerja sama satu sama lain secara langsung, baik layanan internal dan lintas organisasi.

Baru-baru ini terjadi kebobolan dalam skala nasional yaitu bocornya sisi keamanan beberapa bank besar dan dalam skala internasional adalah terurainya data profil para pengguna media sosial Facebook. Industri properti akan semakin banyak jaringan lini bisnis dan wilayah geografis yang saling terkait dengan yang lainnya, berarti kompleksitas jaringan produksi pengembang dan pemasok akan tumbuh sangat besar, tidak akan ada lagi batas-batas. Industri 4.0 akan memengaruhi layanan dan model bisnis, keandalan dan produktivitas nan berkelanjutan, keamanan teknologi informasi dan cyber, siklus bisnis, rantai nilai industri, serta yang paling penting adalah mengetahui pergerakan strategi kompetitor.

Pada era zaman sekarang, sistem teknologi informasi dengan pemanfaatan data untuk memahami kondisi operasi saat ini dan mendeteksi isu menjadi sangat penting. Sistem yang dapat memberi tanda waspada disertai prediksi pasar akan memberikan manajemen lebih banyak wawasan mengenai strategi perusahaan dan kompetitor, serta memberi perlindungan atas data internal dan memiliki pola yang dapat memonitor target yang dituju untuk merebut kemenangan di pasar. Mari lindungi data perusahaan, adaptasi, dan menangi pasar Anda mulai sekarang dengan bantuan sistem informasi teknologi terkini!

 

David Cornelis – Pengamat Properti

email: davidcornelism@gmail.com

 

Tags:
Blog Comments

[…] Baca : Industri Properti 4.0 dan Keamanan Digital […]

[…] Baca: Industri Properti 4.0 dan Keamanan Digital […]

Leave a Comment