Teknologi Digital pada Sektor Properti

Foto: Yudi DH/NataProperty/Adhi Persada Properti

Tren digital serba daring sudah merebak ke segala sisi kehidupan, aktivitas menjadi lebih praktis, ekonomis, dan efisien karena dapat diakses melalui ponsel pintar. Teknologi akan semakin mendisrupsi sektor properti dan akan berkembang cepat pada tahun 2018, dan ke depannya akan meningkat secara eksponensial. Sistem dan perangkat cerdas melalui jaringan akan mendorong pemanfaatan dan performa properti. Digitalisasi dan otomatisasi akan berdampak signifikan terhadap tren properti dan akan mengubah wajah industri properti dalam meningkatkan kualitas.

Platform aplikasi berbasis daring menghubungkan pengembang dan pemasar untuk berinteraksi dengan calon pembeli properti, semua pihak akan mendapatkan informasi terbaru seputar produk yang dipasarkan. Adanya teknologi robot juga memberi analisis prediktif untuk menganalisis berbagai informasi dan tren properti. Kecerdasan buatan membuat para pengembang dengan mudah bisa melacak kompetitor bisnis serta mengetahui strategi pasar secara real time.

Teknologi digital menjadi esensial untuk pemasar untuk menjual produk dan proyek properti. Revolusi digital bisnis properti dimulai dari situs pencarian hunian. Mencari rumah lebih efisien lewat aplikasi properti daring yang bisa diakses kapanpun dan di manapun, serta bisa melihat kondisi lingkungan di sekitarnya. Inovasi ini tercipta dengan menggunakan teknologi referensi gambar satelit.

Teknologi properti seperti tur virtual bisa dioptimalkan oleh pemasar properti untuk memberi deskripsi yang lebih jelas kepada calon pembeli terkait unit yang ditawarkan. Teknologi ini memperlihatkan pemandangan 360 derajat dari sebuah properti, didukung juga dengan kacamata augmented reality (realitas tertambah) yang menciptakan perasaan secara riil berkunjung ke dalam rumah tersebut. Rancangan properti yang tersaji dalam bentuk tiga dimensi membuat pengalaman survei ketika menyeleksi rumah yang akan dibeli jadi terasa nyata dan menyenangkan.

Konsumen juga dapat mengatur furnitur secara visual dengan beraneka fitur desain yang tersedia. Teknologi ini memungkinkan pembeli untuk dapat memilah-milih rumah tanpa terikat waktu dan tanpa harus berada di lokasi dibangunnya proyek properti tersebut. Dengan teknologi ini juga, investor bisa membeli properti di negara lain tanpa harus pergi ke negara tersebut.

Dunia properti dalam satu dekade mendatang akan mengarah ke pembangunan properti bawah tanah, karena tren masyarakat modern akan berbondong-bondong pindah ke perkotaan. Berbagai proyek terkini dikembangkan di bawah tanah dengan menerapkan teknologi khusus yang dapat mengarahkan cahaya matahari ke ruang bawah tanah. Properti ke depannya juga akan didukung oleh teknologi transportasi seperti kereta ultracepat yang memungkinkan perjalanan empat kali lebih cepat dibanding kereta modern, sehingga dapat mengurangi durasi perjalanan dan memungkinkan kota-kota terintegrasi. Serta adanya mobil listrik nirawak ramah lingkungan berenergi hibrid listrik atau hidrogen yang hemat waktu dan ruang sehingga tata kota berubah dan tidak perlu lagi membangun jalan lagi dan lahan parkir luas. Ketiga tren ini otomatis akan mengerek harga tanah di perkotaan semakin tinggi lagi ke depannya.

Pembangunan properti juga terbantu oleh teknologi pracetak yang dapat mempercepat proses pembangunan hunian vertikal yang dapat menghemat waktu dan tenaga. Didukung oleh rumah sistem panel instan yang merupakan teknologi rangka rumah yang instalasinya mudah dan cepat dengan metode bongkar pasang, serta dengan bantuan nanoteknologi membuat biaya konstruksi lebih murah. Mesin cetak tiga dimensi bisa membangun rumah lebih praktis dengan material ekonomis yakni sintesis beton dan bahan daur ulang.

Setelah properti terbangun, teknologi juga dipasang dan dimanfaatkan via jaringan koneksi internet yang tersambung kontinu, dalam bentuk sensor cerdas dan aplikasi terintegrasi yang memberi sinyal kepada robot dan gawai bagi penghuni untuk mengatur rumah lebih mudah. Begitulah teknologi di masa yang tidak begitu lama lagi akan datang. Selamat menikmati.

David Cornelis – Pengamat Properti

davidcornelism@gmail.com

Tags:
Blog Comments

[…] Baca : Teknologi Digital pada Sektor Properti […]

[…] Baca : Teknologi Digital pada Sektor Properti […]

Leave a Comment