Athome.idPT AIA FINANCIAL (AIA), asuransi jiwa terdepan dan tepercaya di Indonesia meluncurkan AIA Wakaf Assurance, yang merupakan produk asuransi berbasis Syariah dengan manfaat wakaf yang untuk pertama kalinya hadir di aplikasi Gojek.

Produk yang bisa mulai dibeli di aplikasi Gojek melalui fitur GoSure mulai 18 April ini, menawarkan manfaat berupa santunan asuransi sebesar Rp 10 juta, di mana 10% dari nilai tersebut akan dialokasikan untuk wakaf yang disalurkan melalui lembaga filantropi dan kemanusiaan Dompet Dhuafa yang telah mendapatkan izin dari Badan Wakaf Indonesia sebagai Nadzir atau badan hukum yang memegang amanah untuk memelihara dan mengurus harta wakaf sesuai dengan wujud dan tujuan wakaf tersebut. Sementara 90% sisanya dialokasikan untuk santunan kematian dengan 4 pilihan premi dan periode pertanggungan yang berbeda yaitu; Rp. 20,000 untuk 1 bulan; Rp 29.000 untuk 3 bulan; Rp 42,000 untuk 6 bulan, dan Rp 66,000 untuk 12 bulan waktu pertanggungan.

Chief Marketing Officer AIA, Kathryn Monika Parapak mengatakan, “Bulan Ramadan adalah bulan kebaikan, oleh karena itu kami ingin menjalani bulan yang baik ini dengan memberikan manfaat yang baik melalui produk AIA Wakaf Assurance, asuransi jiwa berbasis syariah dengan manfaat wakaf pertama di aplikasi Gojek. Kami menawarkan produk AIA Wakaf Assurance ini untuk seluruh kalangan, khususnya masyarakat di usia produktif dengan kemudahan transaksi, harga terjangkau, juga keunggulan manfaat wakaf di dalamnya.”

Chief Marketing Officer, GoPay, Fibriyani Elastria, mengatakan “Dengan jangkauan pengguna GoPay yang tersebar hampir di seluruh Indonesia, kami berharap kebaikan manfaat yang diciptakan dari produk ini juga bisa semakin disebarluaskan. Selain komitmen kami untuk selalu memudahkan masyarakat dengan berbagai kebutuhan finansialnya, kami di GoPay terus mengajak masyarakat untuk senantiasa membantu sesama melalui sedekah digital, termasuk wakaf. Maka, kolaborasi antara GoPay dengan AIA ini sejalan dengan semangat tersebut.”

AIA telah menjalin kemitraan strategis sejak 2019 dengan Gojek – platform on-demand terkemuka di Asia Tenggara dan pelopor model ekosistem multi-layanan, termasuk transportasi, pengiriman makanan, logistik, dan lainnya.

Pembelian produk AIA Wakaf Assurance dapat dilakukan dengan satu kali pembayaran menggunakan GoPay, hanya memerlukan beberapa menit dengan membuka aplikasi Gojek dan mengakses fitur GoSure.

Berdasarkan data dari Indeks Wakaf Nasional 2021 yang dipublikasikan oleh Badan Wakaf Indonesia , potensi wakaf uang dan tanah di Indonesia mencapai Rp 2000 triliun per tahun. Hal ini sejalan dengan makin tumbuhnya kesadaran masyarakat Muslim untuk mewujudkan kesejahteraan umat.

Tidak heran jika World Giving Index yang dipublikasikan oleh Charities Air Foundation (CAF) juga berkali-kali menempatkan Indonesia sebagai negara yang paling dermawan dari 140 negara yang masuk dalam survei tersebut. Di World Giving Index 2021 , Indonesia menduduki peringkat pertama CAF World Giving Index dengan skor dari 69, naik dari 59 saat Indeks tahunan terakhir kali diterbitkan pada 2018, di mana Indonesia juga menempati peringkat pertama.

AIA Wakaf Assurance telah memenuhi prinsip syariah yaitu tolong menolong dengan konsep sharing risk dan wakaf di mana seseorang menyerahkan sebagian harga benda untuk dimanfaatkan bagi keperluan ibadah dan kesejahteraan umum.

Jika sebelumnya persepsi masyarakat terhadap wakaf hanya sebatas memberikan aset tidak bergerak seperti tanah atau bangunan, saat ini telah terjadi pengembangan instrumen sehingga wakaf juga bisa dilakukan menggunakan uang atau wakaf tunai.

AIA Wakaf Assurance diharapkan mampu memperluas jangkauan proteksi masyarakat dengan segala kemudahan akses di dalamnya, juga memperkuat kemitraan antara AIA dan Gojek, yang sebelumnya juga telah meluncurkan berbagai produk berbasis digital lainnya seperti Proteksi Gamers, Personal Accident Insurance dan Cancer Insurance yang juga bisa didapatkan melalui platform GoSure.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.