Sebagian orang mencampur kopi mereka dengan susu,  sirup hazelnut, atau sirup karamel.  Mungkin akan terdengar ‘greget’ jika Anda tahu bahwa Xavier Loránd, seorang desainer asal Mexico, mencampur ‘kopinya’ dengan beton. Tentu ia tidak melakukannya untuk diminum. Ia menggunakan ampas kopi yang dicampur beton untuk membuat stool dan side table yang keren. Karyanya ini menarik perhatian para pengunjung Design Week Mexico pada pertengahan Oktober lalu.

Untuk membuat koleksi  bernama Nero ini, Xavier Loránd bekerja sama dengan perusahaan pembuat ‘beton kontemporer’, Muro Blanco. Dudukan berwarna coklat dan bertekstur kasar pada stool terbuat dari bubuk kopi yang dia kumpulkan dari kedai-kedai kopi dan café di sekitar studio desain miliknya di Mexico City. Tentunya bubuk kopi sisa atau ampas, bukan baru.  Xavier Loránd sendiri berasal dari Veracruz, daerah penghasil kopi kedua terbesar di Mexico. Maka tak heran jika secara alami dia memiliki kecintaan terhadap segala sesuatu tentang kopi.

Foto from Loránd Studio

Selama sebulan Xavier Loránd dan timnya mengumpulkan kopi-kopi tersebut, membersihkannya, mencucinya, menjemur, lalu digiling lagi untuk membuatnya lebih halus. Mereka kemudian menambahkan sekam dari kayu yang berkualitas baik. Bubuk kopi itu selanjutnya dicampur dengan material pengikat, bio-resin berbahan dasar tumbuhan, lalu dimasukkan dalam cetakan untuk membuat dudukan tadi. Proses ini dilakukan beberapa kali dengan persentase bio-resin yang berbeda-beda, juga tekanan yang berbeda pada cetakannya. Xavier Loránd menggambarkan tekstur dan tingkat kekerasan permukaan yang dihasilkan antara cork dan MDF (Medium Density Fibreboard). Bedanya, yang ini beraroma kopi. Tapi jangan bayangkan atau terlalu percaya diri celana Anda akan beraroma kopi sepanjang hari sehabis duduk di kursi ini. Sementara kaki penopangnya dibuat dari kombinasi dari beton dan recinto – batu alam berwarna hitam.

Foto from Loránd Studio

Bukan hanya stool, Xavier Loránd juga membuat side table untuk koleksi ini. Permukaan side table yang berwarna mocha ini separuh bagiannya adalah campuran kopi dan bio-resin tadi, separuh lagi campuran kopi dan beton. Untuk kakinya yang berbercak-bercak, terbuat dari campuran beton dan terrazzo. Supaya komplit, Xavier Loránd juga merancang coffee set dari keramik berwarna biru yang ia beri nama Provincia.

Jika Anda seorang pemilik kedai kopi yang juga desainer seperti Abimantra Pradhana atau Eko Priharseno, mungkin koleksi Nero karya Xavier Loránd ini layak jadi incaran Anda. Lihat foto dan naskah lengkapnya di sini.

 

Naskah: Donny Amrin

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.