Foto: Crown Group.

Mari melihat bagian dalam dari bangunan ikonik Arc by Crown milik Crown Group di jantung CBD kota Sydney, Australia. Karya arsitek Koichi Takada ini punya interior yang sepadan dengan pamor arsitektural bangunannya karena diisi oleh fungsi hotel mewah Skye Suites Sydney. Ada 73 unit serviced apartment dalam beberapa tipe; tipe studio, satu kamar tidur, dan dua kamar tidur. Semuanya menawarkan pengalaman resor bintang lima yang mewah, terlihat dari mulai lobi hotelnya yang bertemakan gua es.

Koichi Takada memadukan bangunan bersejarah, di lantai podium, dengan arsitektur kontemporer pada dua menara hunian. (Photo by Crown Group).

Keberhasilan Koichi Takada memadukan bangunan bersejarah, di lantai podium, dengan arsitektur kontemporer pada dua menara hunian, memperlihatkan keengganan Crown Group untuk membangun properti yang biasa-biasa saja. Untuk itulah mereka bekerja sama dengan arsitek sekelas Koichi Takada. “Kami mempelajari proporsi dan pemilihan materialnya dengan hati-hati, agar bisa menyatu dengan konteks dan sejarah Sydney. Kemudian kami terpikir tentang sesuatu yang benar-benar kontras. Sebuah struktur baru yang berorientasi ke depan, tampilan arsitektur yang lebih futuristik, tepat di atas podium bersejarah dengan karakter susunan batu yang ‘berat’. Sementara menaranya berkesan jauh lebih halus, ringan, high-tech, dengan garis-garis material yang lebih langsing dari baja dan kaca,” jelas Koichi Takada.

Sekitar Skittle Lane, jalan kecil bersejarah di King Street, yang kini menjadi lokasi bagi restoran-restoran dan gerai ritel baru sehingga berdampak sebagai etalase publik yang menampilkan transformasi perkotaan di kawasan Kent dan Clarence Street. (Photo by Crown Group).

Konsep ini terasa sangat kontekstual dengan perkembangan area di sekitar Skittle Lane, jalan kecil bersejarah di King Street, yang kini menjadi lokasi bagi restoran-restoran dan gerai ritel baru sehingga berdampak sebagai etalase publik yang menampilkan transformasi perkotaan di kawasan Kent dan Clarence Street. Dengan konsep desain yang kuat seperti itu, Arc by Crown memperoleh penghargaan sebagai Best Condo Development pada acara penghargaan Asia Property Awards 2018. Karena pengembangan bangunan dan lingkungan harus bersinergi.

Lalu seperti apa bagian dalam Arc by Crown Group setelah sebagian lantai menaranya diisi oleh Skye Suites Sydney? Foto-foto berikut akan memberi gambaran jelas tentang batasan baru tentang kemewahan hotel bintang lima dalam sentuhan arsitektur kontemporer. Lihat foto lengkapnya di sini.

 

Naskah: Donny Amrin

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.