Athome.id – IKEA merilis seragam batik co-worker terbaru dalam rangka merayakan hari jadi IKEA Indonesia ke 9 tahun yang jatuh pada tanggal 15 Oktober 2023. Seragam batik ini merupakan hasil rancangan seorang mahasiswi Universitas Tarumanegara bernama Canisha Chrystella yang menjadi pemenang dalam Batik Motive Design Competition 2.0.
Desain motif batik ini terinspirasi dari Kurbits. Kurbits merupakan bentuk seni yang dikembangkan antara tahun 1790 dan 1880 di Swedia. Kurbits banyak digunakan sebagai gaya lukisan artistic yang menampilkan bentuk-bentuk labu, daun, dan bunga. Berdasar pada lukisan Kurbits, Canisha merancang motif ini menjadi versi yang lebih sederhana. Polanya dirancang dengan bunga di bagian tengah serta labu dan daun yang mengelilinginya dari empat sisi.
Pola tersebut juga dipadukan dengan unsur batik kawung di antara masing-masing pola kurbits sehingga menghasilkan perpaduan antara budaya Indonesia dan Swedia yang melambangkan kebersamaan.
Ririn Basuki selaku PR & Communication Manager IKEA Indonesia mengatakan, “Batik sudah menjadi identitas sekaligus kerajinan seni tradisional Indonesia yang menjadi kekayaan warisan negara. IKEA Indonesia mengadakan kompetisi desain motif Batik antar universitas di Indonesia untuk menyediakan seragam Batik yang akan dikenakan oleh seluruh co-worker IKEA. Desain pemenang dicetak dan diproduksi secara lokal, dan digunakan setiap hari Jumat oleh seluruh co-worker IKEA Indonesia.”
Batik Motive Design Competition ini diikuti oleh 8 institusi dan lebih dari 70 peserta yang berasal dari beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan Bali. Adapun dewan juri dari IKEA Indonesia yang terlibat dalam proses penentuan pemenang antara lain; Presiden Direktur IKEA, Country Marketing Manager dan Graphic Communication. Selain itu IKEA juga berkolaborasi dengan Sejauh Mata Memandang sebagai salah satu merek tekstil yang fokus dalam mengedepankan warisan budaya Indonesia yaitu Batik sebagai salah satu dewan juri.
Melalui kompetisi ini, IKEA Indonesia ingin mengajak generasi muda untuk terus berinovasi dan mengekspresikan kreativitas dan kecintaannya terhadap keberagaman dan budaya Indonesia.
“Di IKEA, kami memiliki visi untuk menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang. Kami berharap dengan adanya kompetisi ini, IKEA bisa memberikan ruang kepada generasi muda untuk turut berkontribusi dalam melestarikan salah satu identitas bangsa Indonesia yaitu Batik,” ungkap Ririn.
Leave a Comment