Athome.id Pembatasan sosial selama pandemi Covid-19 mewajibkan seluruh masyarakat tetap di rumah. Hal ini mendorong masyarakat menjadi kreatif dalam memaksimalkan ruangan berukuran terbatas menjadi ruang multifungsi. in-Lite LED berkolaborasi dengan Hōmu Living memberi solusi dan inspirasi dari permasalahan yang dihadapi mayoritas masyarakat Indonesia melalui acara virtual media briefing bertajuk Maximizing Your Tiny House into Bigger Space. Melalui acara ini, in-Lite dan Hōmu Living, menyajikan berbagai informasi terkini seputar tren dekorasi rumah, hingga penataan cahaya yang tepat guna memaksimalkan keterbatasan ruang menjadi lebih luas dan nyaman.

Hunian dengan ukuran besar maupun kecil, akan terlihat memukau dan luas, jika ditata dan peletakan perabotan yang tepat. Karena, sebetulnya tempat tinggal layak huni, tidak melulu membutuhkan anggaran besar. Ada beberapa cara sederhana yang dapat diterapkan bagi yang ingin mendekorasi ruangan agar lebih luas dan nyaman.

Pada acara ini, Mima Anisakusuma, Owner Hōmu Living dan Founder Artsy Living & Style mengatakan, “Dalam menata ruangan sesuai tren, perlu memperhatikan layout ruangan dan sumber pencahayaan. Selain itu, tantangan mendekorasi rumah adalah space dan styling. Tahun ini, Japandi style masih populer di kalangan interior design enthusiasts di Indonesia. Untuk mendapatkan konsep Japandi, Anda dapat memulai dari pemilihan warna dengan menggunakan palet  light tone. Dengan menggunakan warna putih, beige, krem, hingga abu-abu muda, Anda dapat menciptakan kesan luas dan bersih dalam ruangan yang terbatas. Selain itu, ciri khas dari Japandi adalah menggunakan perabotan yang multifungsi. Selain meminimalisir budget, juga dapat mengurangi space yang digunakan dalam ruangan.”

Selain penataan ulang letak perabotan, dekorasi dan pemilihan warna, aspek pencahayaan juga merupakan salah satu elemen penting yang seringkali terlupakan oleh pemilik rumah. Padahal, pemilihan dan peletakan sumber pencahayaan yang sesuai dapat memberi kesan ruangan yang kuat dan besar dalam ukuran ruangan yang terbatas. 

Mima juga menjelaskan bahwa pencahayaan memiliki peranan sangat penting dalam memaksimalkan tampilan ruangan yang terbatas. Dengan menggunakan pencahayaan yang tepat, sudut-sudut gelap dan area dalam ruangan yang kurang penerangan akan terlihat lebih terang, sehingga menghilangkan kesan ruangan tertutup dan sempit. Ia menambahkan, terdapat beberapa jenis lampu yang dapat digunakan untuk memberikan ilusi visual yang membangun dimensi ruang menjadi lebih luas, misalnya dengan memadukan lebih dari satu LED spotlight, LED strip, atau lampu panel berwarna warm white dengan suhu warna minimal 3000k. Terakhir, Anda juga dapat menambahkan cermin dan karpet untuk menciptakan ilusi visual sehingga dapat membangun dimensi ruangan yang lebih luas.

Pada kesempatan yang sama, Fransiska Darmawan, General Marketing Manager in-Lite mengatakan, ”Di era pandemi ini, in-Lite melihat tingginya minat terhadap home improvement, walaupun kami masih melihat bahwa aspek pencahayaan masih kerap diabaikan dalam proses mendekorasi rumah. Padahal, pencahayaan merupakan kebutuhan yang selalu kita nikmati setiap hari, terutama dalam aspek desain interior. Selain fungsi  penerangan, pencahayaan juga dapat digunakan untuk membangun ambience hanya dengan menggunakan warna serta jenis lampu tertentu. Saat ini, masyarakat mulai beralih ke lampu LED. Selain lebih hemat energi, lampu LED juga lebih tahan lama, terlebih bagi lampu LED yang menggunakan chip premium yang berstandar SNI. Dengan menggunakan lampu LED jenis strip light, panel light, atau spotlight juga dapat meningkatkan nilai estetika.”

“Sebagai merek lampu LED besutan anak negeri, in-Lite berkomitmen untuk menyediakan one stop lighting solution dengan terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan seluruh masyarakat di Indonesia. in-Lite menyediakan berbagai jenis produk lampu berkualitas tinggi dengan harga yang kompetitif untuk memenuhi kebutuhan mulai dari sektor industri, komersial dan perumahan. Kini, in-Lite tersedia di berbagai platform digital, jaringan minimarket, supermarket, toko bahan bangunan, serta toko-toko listrik di seluruh Indonesia sebagai salah satu upaya nyata in-Lite dalam memudahkan akses masyarakat terhadap kebutuhan penerangan yang berkualitas dan berjangka panjang,” tutup Fransiska. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.