Intip Ragam Produk Unggulan Skincare Wanita Thailand di Ajang Thailand Cosmetics dan Personal Care Business Matching

  • Home
  • Bisnis
  • Intip Ragam Produk Unggulan Skincare Wanita Thailand di Ajang Thailand Cosmetics dan Personal Care Business Matching

Athome.id – Selain menjadi salah satu  destinasi wisata dan kuliner yang banyak diminati turis mancanegara, saat ini Thailand juga populer dengan skin care dan body care untuk perawatan wajah dan tubuh yang banyak diburu perempuan Indonesia. Produk negeri gajah putih ini bahkan bersaing ketat dengan produk Korea Selatan yang masuk ke Indonesia. Terlebih iklim tropis Thailand tidak berbeda jauh dengan Indonesia.

Melihat fenomena tersebut, tidak aneh jika sektor industri kecantikan, produk kosmetik dan perawatan pribadi di Thailand saat ini menjadi salah satu yang terbesar di antara negara-negara Asia Tenggara. Potensi yang kuat industri kecantikan Thailand tersebut diungkap dalam acara bertajuk “Thailand Cosmetics & Personal Care Business Matching”, Selasa (25/7) lalu, di Bali Room, Hotel Indonesia Kempinski Jakarta.

Acara yang dikemas dalam bentuk seminar dan business matching ini, menghadirkan pengusaha kosmetik dan perawatan pribadi dari Thailand, serta importir dan distributor indusri yang sama dari Indonesia.

Hataichanok Sivara, Direktur Thai Trade Center Jakarta, menyatakan bahwa produk kosmetik dan perawatan pribadi mengalami pertumbuhan pesat. Pertumbuhan yang kuat ini terutama didorong oleh banyaknya konsumen muda, seperti beauty enthusiast yang mulai aktif berpartisipasi dalam pasar kecantikan dan perawatan pribadi.

Berdasarkan data, pada tahun 2022, nilai pasar kosmetik mewah dan wewangian di Thailand mencapai sekitar 487 juta dolar AS. Proyeksi menunjukkan bahwa pendapatan dari segmen kosmetik di pasar kecantikan dan perawatan pribadi di Thailand akan terus meningkat antara tahun 2023 dan 2027, dengan kenaikan sebesar 186,7 juta dolar AS (+25,61 persen). Diperkirakan pendapatan ini akan mencapai 915,56 juta dolar AS pada 2027.

Selain itu, pertumbuhan ekspor kosmetik Thailand juga menarik perhatian. Diperkirakan ekspor kosmetik ini akan mencapai $2,6 miliar pada 2026, meningkat dari $2,3 miliar pada 2021. Proyeksi ini menunjukkan peningkatan rata-rata sebesar 2,2% year-on-year. Bahkan, sejak tahun 1994, pasokan negara ini telah tumbuh dengan rata-rata 4,9% per tahun.

Kolaborasi apik  industri kecantikan Thailand dan Indonesia 

Tren makeup Thailand yang flawless dan natural yang mulai menjamur di kalangan perempuan Indonesia membuat produk made in negara seribu pagoda ini mulai banyak diburu. Karenanya, sebanyak 18 perusahaan kosmetik dan perawatan pribadi dari Thailand hadir di acara “Thailand Cosmetics & Personal Care Business Matching”, seperti untuk kategori skin care yaitu IN2IT, Milk Plus, De Leaf Thanaka, Proud, Madelyn, Natural Serisin Premium, Mc Jabrial, Natural Medisilk Premium, P.O Care, Ustar-Signature, milk. Sementara untuk kategori hair care hadir merk Biowoman dan Narose, sedangkan body care diwakilin oleh merk Fae and Mae, serta Orchid Wonder.

Adapun untuk herbal aroma spray/perfume serta inhaler menghadirkan merk Ayatana, Kiss of Beauty dan Idogragrance, dan untuk kosmetik, beauty and spa diwakili kehadirannya dengan produk dari Pattrena dan Merry Cosmetic Laboratory.

Tidak berbeda dengan Thailand, industri kecantikan Indonesia juga mengalami pertumbuhan yang pesat. Bahkan pada situasi pandemi, pada saat semua bisnis mengalami pemerosotan, industri kecantikan justru naik dan banyak pengusaha yang terjun ke bisnis kosmetik dan perawatan pribadi. Hal inilah yang membuat mereka sangat antusias mengikuti  acara bergengsi ini.

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) yang merupakan sebuah wadah berkumpulnya para pengusaha Indonesia serta tempat berasosiasinya para pebisnis, menyambut baik acara yang membuka peluang bekerjasama antara pengusaha dari Thailand dan Indonesia.

Diana Dewi dari KADIN DKI akan terus membuka konektivitas bisnis dengan menjalin kerja sama dan kemitraan dengan para pengusaha mancanegara. Menurut founder PT Suri Nusantara Jaya Group ini, dalam pertemuan tersebut bisa saling berbagi pengalaman serta peluang-peluang berkolaborasi antara pengusaha Indonesia dan Thailand.

“Kami juga nanti akan dapat masukan untuk bagaimana bisnis kosmetik dan personal care yang selama ini sudah berjalan di Thailand. Begitu juga kita bisa paparkan bagaimana peluang-peluang untuk di Indonesia,” jelasnya. “Sekarang zamannya kolaborasi, termasuk dalam dunia bisnis. Untuk itu, momentum ini tidak boleh dilewatkan,” tukas Diana.

Hal senada juga dikemukakan Hataichanok Sivara, Direktur Thai Trade Center Jakarta, bahwa peluang kerjasama antara Thailand dan Indonesia di bidang industri kosmetik dan perawatan pribadi sangat menjanjikan. Thailand memiliki industri kosmetik yang kuat dan berkembang pesat. Dengan bekerjasama, perusahaan kosmetik dari Thailand dapat menggandeng distributor dan mitra bisnis di Indonesia untuk memperluas pasar mereka dan mencapai konsumen baru.

Berbagi teknologi dan keahlian produk

Kerjasama di bidang manufaktur dapat memungkinkan kedua negara untuk berbagi teknologi dan keahlian produksi. Ini dapat menghasilkan efisiensi produksi yang lebih tinggi dan biaya produksi yang lebih rendah.

Indonesia memiliki konsumen muda yang semakin sadar akan tren kecantikan dan perawatan pribadi. Melalui kerjasama, perusahaan kosmetik Thailand dapat memanfaatkan pasar yang berkembang ini untuk memperkenalkan produk inovatif mereka, sementara perusahaan Indonesia dapat mengakses teknologi dan penelitian terbaru dari Thailand.

Dengan mengoptimalkan peluang-peluang kerjasama ini, Thailand dan Indonesia dapat menciptakan sinergi yang saling menguntungkan dalam industri kosmetik dan perawatan pribadi, serta menghadapi persaingan global dengan lebih baik.

 

Tags:
Leave a Comment