Foto: Art, Naomi.

Athome.id – Tanaman indoor yang satu ini tak kalah tenar dari Monstera. Dengan bentuk yang memanjang ke atas atau bercabang seperti kaktus di padang pasir, Kaktus Belimbing ini juga sering disebut Kaktus Koboi. Berukuran besar atau kecil, tetap tampil cantik dalam pot, menghiasi interior. Untuk diketahui pula, ia tidak berduri. Hal ini membuatnya tampil semakin unik dan menarik



Memiliki nama latin Cereus peruvianus, Kaktus Belimbing sangat menyukai cahaya matahari, namun kurang suka banyak air. Tak heran, semua jenis kaktus bisa tumbuh baik di padang pasir. Termasuk tanaman sukulen, kaktus bisa menyimpan air di batangnya. Duri di tubuh kaktus yang merupakan modifikasi dari daun membuat penguapan air berjalan lambat sehingga bisa bertahan walau tidak mendapat penyiraman. Walaupun ia menyukai cahaya matahari, namun tetap dapat tumbuh di tempat teduh.
“Kaktus Belimbing bisa tumbuh tinggi mencapai 10 meter. Ia akan tumbuh bercabang, bila titik tunasnya dirusak,” kata Andie, desainer lanskap dari X-otic Garden. Kaktus Belimbing mudah diperbanyak melalui anakan atau setek batang. Bunganya berwarna putih kuning, putih merah atau pink. “Jika ingin menikmati bunga kaktus, ia harus mendapat cahaya matahari berlimpah,” kata Andie. Karena tetap membutuhkan cahaya matahari, letakkan Kaktus Belimbing dekat jendela atau area yang masih mendapat cahaya matahari. Jika warnanya jadi hijau pekat dan kusam, pun terlihat tidak segar, itu pertanda kurang cahaya matahari atau kurang air.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.