Athome.id – LIXIL, perusahaan penyedia peralatan kamar mandi dan rumah tangga, melalui salah satu brand di bawah naungannya, GROHE, menyambut sekitar 1,600 delegasi dan tamu di acara World Architecture Festival 2024 (WAF) yang diadakan di Singapura. Ajang yang tahun ini, memasuki tahun ketujuh belas digelar di Marina Bay Sands, sebagai bentuk penghargaan terhadap kemajuan serta karya dan proyek luar biasa di industri arsitek dan desain dari seluruh dunia.
WAF merupakan pertemuan global terbesar bagi para arsitek dan desainer (A&D) terkemuka, dimana mereka dapat berpartisipasi dalam leadership talk hingga business networking untuk
membuka peluang kolaborasi. Dengan
Mengangkat ‘Tomorrow’ sebagai tema festival tahun ini, WAF mengajak para arsitek dan desainer untuk mengeksplorasi bagaimana arsitektur, desain urban, lanskap, dan interior dipengaruhi oleh beragam tren di sekitar kita, seperti mobilitas penduduk, pertumbuhan kota,
teknologi digital, AI, lingkungan imersif, dan perubahan budaya.
Topik inilah yang dibahas para arsitek dan desainer di sepanjang acara melalui berbagai pemaparan dari pembicara
utama serta sejumlah diskusi yang bertujuan mendorong ide-ide dan peluang baru. Tema ini juga selaras dengan pemahaman mendalam komunitas A&D terhadap dampak estetika dan psikologis yang dihasilkan bangunan dalam kehidupan sehari-hari.
Hal ini tercermin saat penjurian langsung dan diskusi mengenai ide-ide kompetisi yang mempengaruhi pengalaman manusia. Lebih dari 800 peserta bersaing untuk penghargaan bergengsi di berbagai kategori. Dari 53 pemenang kategori, 21 berasal dari Asia dan Australasia, dipimpin
oleh Australia (9), China (3), Singapore, India, dan Jepang (masing-masing 2).
Peran GROHE dalam industri desain dan solusi arsitektur inovatif seputar air
GROHE, sebagai bagian dari LIXIL dan brand global terkemuka untuk solusi lengkap kamar mandi dan peralatan dapur, telah mendukung WAF sejak awal. Sebagai Mitra Pendiri WAF, GROHE bertujuan untuk memperdalam apresiasi terhadap peran unik air dalam industri desain dan membentuk visi serta solusi arsitektur inovatif seputar elemen air.
Pameran ‘Aquatecture’ yang terinspirasi oleh GROHE SPA di WAF menyoroti perpaduan antara air dan arsitektur –
meningkatkan makna dan pentingnya air dalam arsitektur, serta manfaat kesehatan dan kesejahteraan yang dihasilkan oleh perpaduan ini.
GROHE juga dengan bangga mensponsori GROHE Water Prize, yang dianugerahkan kepada proyek Maotai Eco-Metaverse oleh Turenscape. Proyek penelitian dan pengembangan ini sedang dibangun di atas lahan seluas 8 hektar di Kota Maotai, Provinsi Guizhou, Cina, untuk
penyulingan minuman keras dengan tujuan mengelola produksi harian 7.000 ton limbah dan air limbah industri, melalui penciptaan ekosistem yang sepenuhnya mengintegrasikan daur ulang air, nutrisi, karbon, dan energi.
Meskipun perencanaan saat ini dibuat khusus untuk penyulingan, prinsip-prinsip yang diterapkan dapat digunakan oleh fasilitas industri lain yang menggunakan
banyak air. Ini adalah kali keenam GROHE Water Research Prize diberikan dengan pemenang sebelumnya mencakup proyek sistem filtrasi, produksi, dan pendinginan air di Bangladesh, Peru, Brazil, dan Yunani.
Audrey Yeo, Leader, LIXIL Water Technology, Asia Pacific menyatakan, “Sebagai Founding Partner WAF, sangat memuaskan melihat dukungan industri yang luar biasa, yang memungkinkan kami membangun WAF menjadi salah satu platform global yang paling dihormati untuk para pemimpin industri berdiskusi dan memberikan penghargaan bagi sesama pelaku industri. Keterlibatan GROHE dengan WAF sejak awal tidak pernah goyah dalam upayanya untuk bersama-sama menghadapi dan mencari solusi untuk isu-isu mendesak dan
tren makro, seperti personal wellbeing dan keberlanjutan, yang dihadapi oleh komunitas A&D.”
“Pameran GROHE SPA ‘Aquatecture’ kami menampilkan hubungan kuat antara air dan arsitektur. Melalui keterlibatan dan dialog yang berkelanjutan, kegiatan ini bertujuan untuk menginspirasi arsitek dan desainer sekaligus mendorong kolaborasi dan eksperimen. Pameran ini menampilkan koleksi GROHE SPA yang mewah, yang telah dikurasi dan dirancang dengan standar dan kualitas finishing tertinggi, memberikan kebebasan untuk menghadirkan pengalaman mandi yang sesuai dengan kebutuhan setiap konsumen,” tambah Audrey lebih lanjut.
Paul Finch, Programme Director WAF mengatakan, “Kami mengucapkan selamat yang sebesar-besarnya kepada semua pemenang penghargaan WAF dan INSIDE. Mereka berhasil membuat rekan-rekan industri terus terkesan dengan proyek-proyek yang visioner dan berpikiran maju. Industri arsitek dan desain senantiasa menghadapi tantangan untuk memberikan karya unggul di tengah perubahan, seperti yang tercermin melalui tema ‘Tomorrow.’ Kami menghargai dukungan yang diberikan dari semua kalangan industri, terutama dari para sponsor dan delegasi, dalam memajukan industri desain di sepanjang acara diskusi, penghargaan, hingga sesi networking di WAF.”
Tentang GROHE
GROHE adalah merek global terkemuka untuk solusi lengkap kamar mandi dan peralatan dapur. Sejak 2014, GROHE
telah menjadi bagian dari LIXIL, produsen produk air dan rumah tangga yang inovatif. Untuk menawarkan “Pure
Freude an Wasser”, setiap produk GROHE didasarkan pada nilai-nilai merek yaitu kualitas, teknologi, desain, dan
keberlanjutan. Portofolio unggulan seperti GROHE Eurosmart atau seri GROHE thermostat, serta inovasi
groundbreaking seperti GROHE Blue water system, adalah perwujudan sempurna dari nilai-nilai ini. Fokus pada
kebutuhan pelanggan, GROHE menciptakan solusi produk yang meningkatkan kualitas hidup dan keberlanjutan yang
memberikan nilai tambah bagi konsumen. Untuk mempermudah pekerjaan sehari-hari bagi mitra profesionalnya,
merek ini juga menawarkan berbagai layanan komprehensif, termasuk program loyalitas GROHE + dan GIVE –
program pelatihan untuk regenerasi tenaga installer.
Leave a Comment