Foto: Dok. Cgtrader

Dracaena sanderana spp lebih dikenal dengan Lucky Bamboo atau bambu hoki. Dalam tradisi kebudayaan China, dipercaya dapat membawa keberuntungan bagi pemiliknya. Di Indonesia, jenis yang popular, Dracaena sanderana hijau, kuning (golden), white stripe (putih garis-garis hijau), dan silver. Pada Tahun Baru China, diharuskan memberikan rangkaian Lucky sebanyak 6 atau 8 batang. Semakin panjang batang bambu, semakin berlimpah kemakmuran yang akan diperoleh.

Lucky Bamboo, tanaman yang mudah perawatannya, karena kuat terhadap serangan hama. Dua hal yang penting diperhatikan, jangan sampai tanaman kena sinar matahari langsung karena bisa menyebabkan batang bambu berubah menjadi kuning. Yang tak kalah penting jangan lupa mengganti air setidaknya seminggu sekali.

Foto: Dok. Cgtrader

Untuk membersihkan, tempatkan tanaman bambu di atas bak pencuci piring atau di wadah. Alirkan air hangat selama beberapa menit. Ini memungkinkan Anda untuk membersihkan tanpa merusak akarnya. Bambu yang dipercaya dapat membawa berkah dan mendatangkan hoki, juga bisa didekorasi dengan banyak cara. Misalnya, menyusun berdasarkan jumlah batang. Ini bisa menimbulkan efek keberuntungan.

Lucky Bamboo (Dracaena sanderana spp) bisa tumbuh dengan baik di media tanah maupun air (hidroponik). Tanaman yang menyukai temperatur antara 24-27 derajat Celcius, Tidak diperbolehkan kena sinar matahari langsung karena menyebabkan batang berubah menjadi kuning.

Foto: Nurturinggreen

Lucky Bamboo diperbanyak melalui setek pucuk dengan media pembibitan berupa sekam bakar. Setelah setek berakar kira-kira 2-3 minggu, dipindahkan ke green house dengan media tanam berupa campuran pupuk kandang, cocopit (serbuk kelapa), dan pupuk NPK. Pemupukan dilakukan sebulan sekali dengan pupuk NPK. Penyemprotan pestisida dilakukan seminggu sekali atau tergantung hama yang menyerang.

 

Naskah: Naomi Sinaga

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.