Athome.id – Kulit berjerawat seringkali menjadi permasalahan yang sangat mengganggu bagi sebagian orang. Mungkin kamu sendiri adalah salah satu dari pejuang jerawat. Menurut survei 2021 Beauty Trends oleh Jakpat, 81 persen masyarakat Indonesia mendambakan kulit wajah yang bebas jerawat. Namun, pada kenyataannya 46 persen masyarakat Indonesia masih memiliki permasalahan kulit wajah berjerawat. Melihat fakta ini, BeautyHaul, beauty-ecommerce pertama di Indonesia memiliki komitmen untuk memberikan edukasi serta rekomendasi produk terkurasi yang dapat menjawab kondisi kulit pelanggannya, termasuk kulit berjerawat.

Medical Innovation Expert BeautyHaul, dr. Claudia Christin mengungkapkan, “Jerawat biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, seperti minyak yang menumpuk pada wajah, pori-pori yang tersumbat, dan produksi minyak berlebih. Hal ini bisa dipicu oleh gaya hidup, pola makan, dan hormon. Kunci dalam merawat kulit berjerawat adalah dengan memilih dan menggunakan produk yang tepat.” dr. Claudia menambahkan, “BeautyHaul hadir untuk mengedukasi dan menyediakan produk untuk menjawab berbagai permasalahan kulit. Pada kesempatan ini, saya ingin memberikan rekomendasi step-by-step routine dan produk skin care untuk merawat acne prone skin.” Yuk, simak bersama-sama!

  1. Lakukan double cleansing

Membersihkan wajah merupakan tahapan utama dalam merawat kulit wajah berjerawat. Dalam membersihkan wajah berjerawat, sangat penting untuk melakukan double-cleansing yang dapat mengangkat minyak dan kotoran dari pori-pori wajah. Hindari memilih micellar water yang memiliki kandungan fragrance atau pewangi, agar aman untuk digunakan sehari-hari. Lalu, pilihlah sabun cuci muka yang mengandung bahan aktif seperti Salicylic acid karena dapat membersihkan wajah secara mendalam sehingga cocok untuk kulit berjerawat.

Kamu dapat menggunakan Reset Gentle Micellar Cleansing Water dari Somethinc untuk membersihkan wajah dan ACNECORE+ Clear AC low pH Gel Cleanser dari Glowinc Potion untuk mencuci wajah karena dapat melawan bakteri penyebab jerawat, membantu mengontrol produksi sebum, dan memperkuat skin barrier.

  1. Lakukan eksfoliasi secara rutin

Exfoliating toner merupakan produk yang digunakan hanya dua sampai tiga kali dalam satu minggu. Penggunaan produk ini berperan penting dalam merawat kulit berjerawat, sebab dapat mengangkat sel kulit mati pada kulit wajah dan tidak dapat diangkat oleh sabun pencuci muka. Pastikan juga exfoliating toner pilihan kamu mengandung bahan-bahan aktif seperti AHA, BHA, atau PHA yang baik dalam mengeksfoliasi kulit serta merawat kulit berjerawat kamu.

Untuk tahapan ini, BeautyHaul merekomendasikan Miraculous Refining Toner dari Avoskin yang bisa mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori wajah. Tidak hanya mengeksfoliasi, produk ini juga dapat memberikan hasil akhir kulit wajah yang segar dan cerah!

  1. Rawat kulit wajah berjerawatmu dengan serum

Pastikan produk serum yang kamu pilih memang dirancang untuk kulit berjerawat. Tidak seperti serum pada umumnya yang memiliki peran utama sebagai skinfood untuk kulit wajah, serum untuk kulit berjerawat mengandung bahan aktif seperti bakuchiol dan niacinamide yang berfungsi mematikan bakteri penyebab jerawat dan kandungan pencegah inflamasi.

Jika kamu ingin menambah serum sebagai bagian dari skincare routine acne prone skin kamu, 5% Bakuchiol Essence dari Lacoco dapat menjadi pilihan yang tepat. Produk ini mengandung bakuchiol, niacinamide dan white-gen sehingga efektif untuk merawat jerawat, meningkatkan elastisitas kulit, dan membuat wajah tampak lebih cerah.

  1. Beri hidrasi pada wajah

Melembapkan kulit merupakan tahapan yang penting dalam skin care routine bagi acne prone skin. Hal ini dilakukan untuk menjaga kulit agar selalu terhidrasi. Pilihlah produk pelembap yang cocok untuk kulit berminyak agar mencegah over-moisturizing yang dapat menyebabkan penumpukan minyak dan tidak menyumbat pori-pori. Kamu juga dapat memilih produk moisturizer yang water-based yang ringan dan tidak menyebabkan iritasi sehingga aman untuk digunakan sehari-hari.

Pada tahap ini, kamu dapat menggunakan produk yang mengandung bahan-bahan yang dapat melawan bakteri penyebab jerawat dan mencerahkan wajah. Seperti Skin Barrier Water Cream dari Dear Me Beauty, yang mengandung bahan Cica yang memberi efek menenangkan bagi kulit, serta Ceramide yang bisa memperkuat skin barrier. Produk ini juga mengandung Hyaluronic Acid yang dapat mengunci kelembapan, membuat wajah lebih kenyal, dan mencegah kekeringan pada kulit wajah.

  1. Pakai acne spot gel untuk kurangi peradangan jerawat

Jika jerawat baru akan atau sudah muncul, sebaiknya kamu menggunakan acne spot gel untuk membantu membunuh bakteri aktif dan meredakan peradangan jerawat. Bahan yang perlu kamu perhatikan saat memilih acne spot gel adalah Salicylic Acid, karena dapat melawan bakteri jerawat dan meredakan kemerahan yang diakibatkan oleh jerawat. Cara menggunakan acne spot gel adalah dengan menotolkan langsung pada jerawat kamu, ya.

ACNECORE+ Acne Spot Gel dari Glowinc Potion dapat menjadi solusi untuk meredakan jerawat kamu. Produk ini mengandung Biosalicylic Acid, Hydrolyzed Algin, Zinc Sulfate, dan Poria Cocos Extract yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat, mengurangi sebum pada wajah, dan menenangkan iritasi pada jerawat yang meradang. Produk acne gel ini tidak berwarna, sehingga dapat kamu gunakan pada pagi dan malam hari untuk memaksimalkan penyembuhan jerawat.

Nah, sekarang kamu sudah memahami tahapan skincare routine dan kandungan produk untuk acne prone skin, bukan? Semua produk yang direkomendasikan dapat kamu beli di website atau gerai offline BeautyHaul, beauty e-commerce yang telah mengkurasi produknya melalui standar yang sangat ketat. Selain itu, kamu dapat memilih produk acne prone skin lainnya melalui kategori acne/blemish pada pilihan “Shop by Concern”. Jika masih belum yakin, kamu juga dapat berkonsultasi secara langsung dengan Beauty Advisor di toko BeautyHaul, maupun berkonsultasi melalui teleconsultation booth yang tersedia di toko BeautyHaul Margo City. Semoga rekomendasi step-by-step dan rekomendasi produk skin care routine ini dapat menjawab kebingungan kamu dalam merawat acne prone skin, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.