RE:IMAGINE Jadi Tema Daikin Proshop Designer Award 2023

Athome.id PT Daikin Airconditioning Indonesia (DAIKIN), untuk ketiga kalinya kembali menggelar DAIKIN Proshop Designer Awards 2023 dengan tema RE:IMAGINE yang menantang kreativitas para peserta untuk memadukan kenyamanan tata udara dan dekor keseluruhan interior sebagai satu kesatuan yang harmonis. Pada tahun ini terdapat enam kategori besar yang diperlombakan untuk masyarakat luas.

Selain terbagi menurut kategori mahasiswa dan profesional, DAIKIN juga membagi ke dalam karya arsitektur dan desain interior yang telah selesai pembangunannya (finished project) dan desain konseptual dengan mengaplikasikan produk AC DAIKIN Home Central serta penambahan kategori khusus tata rancang bangunan komersial Food & Beverages (F&B) dari yang sebelumnya lebih fokus pada hunian.

Pendaftaran untuk DAIKIN Proshop Designer Awards mulai dibuka pada 1 hingga 30 Juni 2023. Penjurian langsung DAIKIN Proshop Designer Awards 2023 akan berlangsung pada akhir Oktober, dengan mengumumkan 16 pemenang. Pemberian penghargaan kepada para pemenang akan dilakukan pada malam apresiasi DAIKIN Designer Awards 2023 yang akan dihelat pada 24 November mendatang.

“Tema tahun ini sesuai dengan semangat yang dibawanya, yaitu mengokohkan posisi DAIKIN Proshop Designer Awards sebagai wadah lahirnya karya-karya arsitektur dan desain interior yang hadir dari proses mengimajinasikan kembali kenyamanan tata udara dan dekor keseluruhan interior sebagai kesatuan yang padu dalam estetika sebuah ruang,” ujar Ching Khim Huat selaku Presiden Direktur PT. Daikin Airconditioning Indonesia di Jakarta, Jumat (26/5).

Demi mempertahankan kualitasnya sebagai ajang prestisius tahunan bagi komunitas arsitektur dan desain interior, DAIKIN berkolaborasi dengan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) dan Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) Jakarta.

Selain itu, kehadiran nama besar dalam bidang arsitektur dan desain interior yang didapuk menjadi bagian dari dewan juri mendampingi penilai dari DAIKIN sendiri juga akan makin meningkatkan gengsi dari penghargaan ini. Mereka adalah Tan Tik Lam yang dikenal sebagai arsitek kenamaan dengan sejumlah penghargaan dari dalam dan luar negeri, akan bertindak sebagai salah satu dewan juri untuk kategori finished project. Sementara di kategori konseptual, DAIKIN mempercayakan pada Alex Bayusaputro yang dikenal sebagai salah satu nama besar dalam dunia desainer interior Indonesia dengan berbagai penghargaan kelas internasional yang diraihnya.

Disamping tokoh besar arsitek dan desainer interior tersebut, DAIKIN juga mengajak Sarwendah, sosok selebriti tanah air yang akan mewakili pandangan dari generasi milenial. Sarwendah juga akan menjadi juri khusus bagi dua kategori yaitu karya konseptual desain interior bagi hunian dan bangunan komersial F&B pilihan Sarwendah. Karya yang dipertandingkan dalam kategori khusus ini akan dibuat berdasarkan kebutuhan pada properti milik Sarwendah.

“Sebagai keluarga yang memiliki anak tiga, tentu kami membutuhkan kamar dengan jumlah sesuai penghuni rumah. Dan karena saya juga hobi memasak, butuh dapur bersih atau yang berdesain cantik untuk bekerja, mulai dari ngonten hingga iklan, serta dapur kotor atau dapur basah yang digunakan sehari. Sebagai ibu, tentu menginginkan sebuah hunian yang nyaman untuk keluarga, “jelas istri presenter kondang Ruben Onsu.

Solusi tata udara dengan AC DAIKIN Home Central

Sebagai sebuah agenda besar tahunan, DAIKIN Designer Award lahir dari gagasan awal untuk membuka ruang bagi para pegiat arsitektur dan desain interior agar dapat berbagi visi yang sama tentang hunian ideal. Tak hanya mementingkan aspek estetika saja, tapi juga dilengkapi dengan solusi tata udara sebagai pendukung kenyamanan dan kesehatan yang harmoni dengan keseluruhan dekor interior ruang.

Sebagai spesialis AC tingkat dunia, DAIKIN memiliki teknologi dan inovasi yang diciptakan khusus untuk mendukung visi perusahaan mengenai hunian ideal. Hal ini hadir melalui jajaran AC DAIKIN Home Central yang memungkinkan penyederhanaan instalasi terkait pemipaan, karena satu unit outdoor dapat terhubung dengan beberapa unit indoor sekaligus sesuai kapasitas pendinginannya.

Berbeda dengan AC single split, AC DAIKIN Home Central memiliki desain unit indoor beragam. Rancangan demikian sengaja dibuat agar dapat berpadu sekaligus menambahkan nuansa elegan bagi interior tiap jenis ruang sesuai peruntukannya. Dari aspek kesehatan, AC DAIKIN mampu menjaga tingkat kelembaban dan mengeliminasi berbagai partikel berbahaya bagi kesehatan melalui penyaringan berlapis.

Kelebihan DAIKIN sebagai penyedia teknologi inilah yang kemudian diharapkan dapat berkolaborasi dengan para arsitek dan desainer interior untuk semakin mewujudkan visi hunian ideal di Indonesia yang memperhitungkan segi penciptaan kualitas udara nyaman dan sehat dengan tetap mempertahankan aspek estetikanya.

“Kolaborasi keduanya diperlukan untuk semakin memperkaya inspirasi bagi masyarakat Indonesia tentang visi hunian ideal melalui berbagai karya yang dihasilkan,”tutup Ching Khim Huat.

 

Tags:
Leave a Comment