Foto: Yudi DH.

Grace Lisa Sutanto dan Putri Novianty dari Broadgate Design melakukan pekerjaan spesial terhadap rumah masa kecil Grace di atas lahan seluas 6×15 meter. Walau sudah jarang tinggal di rumah ini, Grace ingin membuatkan rumah yang lebih nyaman untuk kedua orang tuanya yang menginginkan rumah sehat, aliran udara enak, dan tidak gelap. Maka Grace dan Putri memutuskan tidak ada cara lain selain melakukan renovasi total rumah lama yang memenuhi nyaris seluruh lahan. Dan denah asli yang membagi dua lebar lahan dianggap tidak mungkin menghasilkan desain yang bagus.

Dampak renovasi total langsung terlihat pada ketinggian atap carport yang membuat rumah terlihat lebih luas dari luas aslinya.

Perubahan yang paling terlihat dari luar adalah ketinggian atap carport yang sampai dua lantai. Efeknya rumah jadi terlihat lebih luas dari sesungguhnya. Carport pun tidak gelap serta cukup mendapat udara. Fasad kayu di lantai dua bukan sekadar dekorasi. Kisi-kisi kayu ini bisa dibuka, begitupun jendela di baliknya. Jadi jika yang diinginkan adalah aliran udara tanpa mengorbankan privasi, cukup membuka jendela dan menutup kisi-kisi.

Atap carport yang sudah ditinggikan dilihat dari bawah. Jejeran kayu itu adalah kisi-kisi yang bisa dibuka-tutup.

Di balik kisi-kisi tersebut ada dua kamar tidur yang biasa digunakan Grace dan saudara laki-lakinya. Keduanya berada di lantai dua. Jika kita melihatnya dari dalam, pintu kedua kamar ini tersamarkan oleh dinding kayu yang kali ini tersusun vertikal. Sebagian dinding kayu ini juga menyembunyikan lemari penyimpanan barang. Sebuah kamar mandi berada di ujung selasar lantai dua.

Ini kamar tidur lain di lantai dua. Jendela dan kisi-kisi bisa dibuka-tutup sesuai kebutuhan.

Sang ibu ingin kamar di lantai bawah. Grace menempatkannya di bagian paling depan rumah, menghadap carport. Putri dan Grace menawarkan konsep open plan apartment yang dibalut gaya modern kontemporer sebagai bentuk renovasi total kepada ayah dan ibunya. Bukan gaya yang biasa umum untuk orang tua, namun keduanya ternyata bisa menikmati gaya hidup baru yang lahir dari ruang hidup yang dirancang sang anak. Paling tidak, ayah dan ibu jadi punya motivasi lebih untuk menyingkirkan barang-barang yang tidak terpakai, karena memang tidak ada ruang untuk menyimpan. Semua ruang dibuat efisien untuk kenyamanan penghuninya. Ruang keluarga yang menyatu dengan dapur terasa terang karena keberadaan taman kering di sampingnya yang dibatasi oleh pintu geser dan jendela kaca hingga ke langit-langit lantai dua.

Permukaan kayu berwarna coklat muda menjadi aksen bagi interior yang didominasi warna putih dan abu-abu.

Taman kering tanpa atap ini menjadi jalur sirkulasi udara jika pintu geser dibuka. Konsep taman kering juga dipilih karena alasan kemudahan perawatan. Selain menjadi lebih sehat, renovasi total membuat rumah ini lebih eifisien, apalagi jika nanti kedua anaknya sudah keluar dari rumah, ayah dan ibu yang semakin menua akan lebih mudah mengurus rumah ini. Rumah hasil renovasi total Broadgate ini bukan hanya mengubah fisik bangunan, namun juga-seiring waktu-pola dan kebiasaan hidup penghuninya menjadi lebih baik. Lihat foto lengkapnya di sini.

 

Naskah: Donny Amrin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.