Rumah Pertiwi Hadirkan Furnitur Kayu Jati Dan Tenun Sulam Jelujur Pesawaran Lampung Dalam Motif Betawi Pada Pameran Kriyanusa 2023

  • Home
  • Events
  • Rumah Pertiwi Hadirkan Furnitur Kayu Jati Dan Tenun Sulam Jelujur Pesawaran Lampung Dalam Motif Betawi Pada Pameran Kriyanusa 2023

Athome.id – Pertiwi Indonesia merupakan Perkumpulan Perempuan yang peduli terhadap kualitas dan pemberdayaan perempuan Indonesia dalam keluarga dan masyarakat. Hal ini sejalan dengan visi Pertiwi Indonesia yaitu sebagai Komunitas Perempuan terdepan dalam meningkatkan kualitas manusia Indonesia yang mandiri dan berwawasan kebangsaan di era digital. Salah satu pilar misi Pertiwi Indonesia adalah meningkatkan ekonomi kreatif yang produktif, mandiri, kompetitif, ramah lingkungan dan berkesinambungan.

Kegiatan dan program yang diinisiasi Pertiwi Indonesia adalah upaya perkumpulan dalam
melestarikan ragam dan kayanya warisan budaya adiluhung serta merespon gaya hidup modern masa kini, situasi, kondisi ekonomi, sosial, budaya, yang menjadi dasar partisipasi Rumah Pertiwi di Pameran Kerajinan Nusantara Kriyanusa 2023,” kata Putri Kus Wisnu Wardhani, anggota Dewan Pertimbangan Presiden yang juga sebagai Dewan Kehormatan Pertiwi Indonesia.

Putri menambahkan “Kriyanusa 2023 merupakan bagian dari kerangka besar sektor Industri berbasis budaya yang merupakan unsur penting pendukung dan pembeda sektor Pariwisata Republik Indonesia, yang juga melibatkan banyak pelaku UMKM di Indonesia yang menjadi motor penggerak ekonomi kerakyatan.

Rumah Pertiwi merupakan salah satu kegiatan yang dibuat oleh Pertiwi Indonesia untuk menampung aspirasi dan bentuk apresiasi dalam memamerkan hasil binaan UMKM kami. Bersama Bank Negara Indonesia, Rumah Pertiwi membina UMKM daun kelor di Nusa Tenggara Timur, kolang kaling di Semarang, produk olahan singkong di Bogor, tenun sulam Pesawaran di Lampung dan bengkel motor untuk difabel di Jakarta.

Rumah Pertiwi hadir dalam KriyaNusa 2023 dengan mengusung tema “Tali Kasih Pertiwi bagi Jakarta jadi karya untuk Nusantara”. Rumah Pertiwi membawa Khasanah wastra yaitu tradisional tekstil tanah air yang senantiasa hangat dari hasil karsa peninggalan leluhur seperti halnya sulam jelujur Pesawaran dari Lampung yang mempesona, dipadu dengan motif cantik Betawi dan menghasilkan karakter visual Indonesia yang kuat. Rumah Pertiwi menyediakan produk produk interior rumah, barang barang fashion yang menawan. Terdapat juga produk furnitur kayu jati yang merupakan warisan turun temurun sejak 400 tahun yang lalu dari Pangeran Jayakarta.

Antarina F. Amir selaku Ketua Umum Pertiwi Indonesia mengungkapkan “apresiasi dan terima kasih setinggi tingginya atas dukungan penuh dari PT. Pertamina (Persero) dan PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, sehingga Pertiwi Indonesia dapat melaksanakan serangkaian
kegiatan ini dalam acara KriyaNusa 2023 sejalan Program HUT Jakarta ke 496 bertemakan “JAKARTA Jadi Karya untuk Nusantara”.

“Pertiwi Indonesia melalui Rumah Pertiwi mengupayakan untuk memajukan UMKM Indonesia dengan melestarikan karya tradisional yang sekaligus merespon tuntutan gaya hidup serta meningkatkan kecintaan pada produk dalam negeri sehingga dapat bermanfaat bagi pengrajin maupun pemakai, khususnya dengan hadirnya Rumah Pertiwi di KriyaNusa 2023 ”jelas Trisni Puspitaningtyas selaku Ketua DPD DKI Jakarta sekaligus sebagai Ketua Pelaksana.

 

Tags:
Leave a Comment