Posong, Wisata Alam Instagenic dari Temanggung

  • Home
  • Travel
  • Posong, Wisata Alam Instagenic dari Temanggung

Foto: Zah

Libur sekolah, Natal, dan tahun baru segera tiba. Saatnya berlibur! Jika Anda sedang menuju Wonosobo, Yogyakarta, dan Solo, sempatkan untuk mampir ke objek wisata baru yang kekinian dan instagenic dari Temanggung. Kota yang dikenal sebagai kota tembakau ini menyimpan sejuta keindahan alam yang menarik, wisata alam Posong yang instagenic.

Menyaksikan keindahan Posong melalui kaki Gunung Sindoro. Traveler tidak akan asing dengan gunung kembar yang ada di Temanggung ini, Gunung Sumbing dan Sindoro. Kedua  gunung yang terletak di kabupaten Temanggung, Jawa Tengah memiliki ketinggian 3.371 Mdpl dan 3.150 Mdpl. Posong merupakan kawasan wisata baru yang letaknya di kaki Gunung Sindoro, Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, kabupaten Temanggung.

Dengan latar pemandangan dan tulisan Posong, ajak anak-anak menikmati keindahan alam semesta.

Jika Anda melakukan perjalanan menuju Yogyakarta dan Solo via Bawen-Ambarawa atau melewati jalur berliku di Weleri. Anda bisa melakukan perjalan dengan tujuan Wonosobo, tanpa harus melewati alun-alun Temanggung. Beberapa kilometer setelah Parakan, perhatikan Gapura Posong yang tidak terlalu besar. Sebagai patokan, setelah melewati jembatan baru, laju kendaraan diperlambat dengan memperhatikan sisi kanan.

Terdapat gubuk untuk beristirahat keluarga atau menikmati seruputan kopi khas Temanggung.

Untuk menikmati keindahan Posong, tiketnya cukup murah, dengan membayar Rp 4.000, sudah bisa masuk ke area Posong. Jam buka wisata ini dari pukul 04.00 hingga 17.00 WIB. Hanya saja jika musim liburan seperti ini, parkir di puncak wisata akan sangat padat. Disarankan untuk menginap di tenda-tenda kemah yang disediakan atau juga gubuk yang dikelola masyarakat sebagai tempat istirahat.

Jika tidak ingin menginap, Anda bisa mulai perjalanan pukul 02.00-05.00 dini hari, roda dua dan empat bisa naik ke area wisata. Selepas jam tersebut, pintu masuk di bawah akan ditutup, mengingat jalan yang sempit dan harus digunakan secara bergantian.

Ada banyak spot Instagenic untuk mengambil foto, dedikasikan untuk anak-anak dan keluarga.

Namun bukan berarti jika Anda telat datang tidak bisa naik ke area wisata. Anda bisa parkir di area bawah yang disediakan dan naik ke tempat wisata mengendarai ojek dengan membayar Rp20.000 atau berjalan kaki. Saat dibonceng harus berhati-hati, karena jalan yang tidak rata, karena hanya berupa susunan batu kali yang ditata sebagai jalan. Anda bisa menyaksikan keindahan alam pegunungan berupa hamparan kebun kopi milik penduduk sekitar.

Ajak keluarga Anda menikmati keindahan Posong bersama-sama.

Ada baiknya membawa perbekalan, meskipun ada banyak warung di tempat wisata. Untuk berjaga-jaga agar perut tidak terlalu kosong. Jangan lupa untuk membawa jaket tebal, sarung tangan, penutup kepala, celana training, kaos kaki, karena suhu udara di Posong cukup dingin. Jika datang dengan waktu yang tepat, Anda akan melihat golden sunrise yang luar biasa indah. Tapi jika momen tersebut terlewat, ada banyak spot foto yang instagenic dengan latarbelakang gunung.

Tags:
Blog Comments

[…] Baca: Posong, Wisata Alam Instagenic dari Temanggung […]

Leave a Comment